Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Parah!!, Jalan Rusak Menanti Korban, Namun Taksegera Diperbaiki



Pasuruan, Pojok Kiri
Ruas jalan Kabupaten Pasuruan di desa Wonosari - Kepulungan Kecamatan Gempol banyak yang mengalami kerusakan. Sebagian jalan penghubung antara Wonosari-Kepulungan, Wonosari-Wonosunyo, dan Wonosari Sumbersuko jalannya mengelupas, bergelombang, dan menyembulkan batuan tajam.
Akibatnya, mobilitas warga terganggu dan keselamatan pengguna jalanpun terancam, masyarakat setempat menjadi tidak nyaman.

Saat awak media Pojok Kiri Melintas di jalan tersebut, dalam menjalankan tugas redaksi, mendapati warga jatuh terperosok jalan. Sutikno, salah satu warga Dusun Wonolilo Desa Wonosari Kecamatan Gempol yang mengeluhkan pada awak media.

"Untung saya tadi jalannya pelan, kalau banter bagaimana jadinya. "Ucap Sutikno.


Ia menuturkan bahwa jalan desa Wonosari –Kepulungan merupakan jalan alternatif bagi warga sekitar yang hendak ke Pasar, juga anak anak berangkat sekolah. Jalan Kabupaten penghubung desa dan penghubung kecatan ini memang banyak yang rusak baik ringan maupun sedang, kebanyakan permukaan jalan aspal mengelupas karena lama tidak ada perbaikan, apalagi beberapa hari kemarin kondisi hujan terus.

Sutikno berharap pemerintah kabupaten Pasuruan harus bisa cepat menanggulangi masalah ini, sebab ditakutkan kerusakan akan semakin parah.

"Jangan sampai dibenahi saat sudah rusak parah karena makin membahayakan masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut," kata dia.

Di sampaikan juga, menurut Sutikno ia kerap kali negur Damanhuri (kepala desa Wonosari), "Mosok Jalan Iki di Jarno tok koyok ngene, (masak jalan ini di biarkan kayak begini) , "tegur Sutikno dengan logat jawanya.

Jalan kabupaten desa Wonosari memang banyak yang berlubang dan mengelupas, bahkan sampai menyembulkan batuan tajam, krikilnya bikin kendaraan terpeleset. 

Kondisi ini dikeluhkan sejumlah pengendara yang melintas. Selain jalan rusak, penerangan jalan umum ada yang tidak menyala.

“Kalau siang bisa keliatan jalan rusaknya, nah kalau lewat malam-malam kan susah karena gelap. Semoga jalan-jalan rusak ini bisa segera diperbaiki,” kata salah seorang pengendara yang kebetulan melintas, Sulaiman. 

Terpisah kades Wonosari Damanhuri saat di temui awak media Pojok Kiri, Jum'at (14/6/2024) di Pasar Desa Wonosari sambil melihat langsung kondisi jalan menuturkan bahwa sepanjang jalan penghubung Desa Wonosari-Kepulungan dan Wonosari-Sumbersuko-Wonosunyo sudah lama sekali tidak ada perbaikan perawatan Pemkab Pasuruan, warga maupun masyarakat pengguna jalan berharap bisa segera tangani.

“Saya Menjabat Kepala desa Wonosari 2 periode ini, Seingat saya sudah 4 tahun lebih tidak ada perbaikan di jalan sepanjang 2 km tersebut, kerusakan rata-rata di bagian permukaan banyak lubang yang bisa membahayakan pengendara”jelasnya

Iya menambahkan, pihak Desa sendiri sudah mengusulkan melalui Musrengbangdes , akan tetapi belum ada realisasi ,mudah mudah dengan bantuan teman wartawan yang peduli mendengarkan keluhan warga segera mendapat atensi dari Pemkab Pasuruan maupun dinas terkait.(Syafi'i/Yus).