Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Disperindag Waspadai Peredaran Sapi Glonggongan


DICEK: Petugas Disperindag saat melakukan pengecekan terhadap penjualan daging di salah satu pasar yang ada di Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, pojok kiri.Peredaran daging sapi glonggongan rentan terjadi di Kabupaten Pasuruan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan memberi perhatian. Yakni dengan melakukan sosialisasi dan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional.

Hal ini dilakukan, untuk meminimalisir peredaran daging yang tidak layak konsumsi. Sekaligus melindungi konsumen dari bahaya kesehatan.

Kepala UPT Pasar Bangil Pahlevi mengaku, terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang daging di pasar. “Mereka harus paham bahaya daging glonggongan dan cara mendeteksinya,” jelasnya. 

Karena secara kasat mata, daging glonggongan sulit dibedakan dengan daging sapi biasa. Pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan. Makanya, ia melakukan pengambilan sampel daging di sejumlah pasar untuk dilakukan uji laboratorium.

Menurutnya, Disperindag akan rutin melakukan sidak ke pasar-pasar tradisional minimal satu kali dalam sebulan. Para pedagang daging juga diminta untuk menjual daging yang memang didistribusikan dari sembelihan di RPH. Karena bisa dipastikan keamanan konsumsinya.

"Jangan sampai tergiur harga murah dan mendapat untung besar. Tetapi juga peduli terhadap kesehatan konsumen,” bebernya.(Sik/yus)