Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebagai Bentuk Pengabdian terhadap Masyarakat, Mahasiswa UMM Ikut Serta dalam Kegiatan Posyandu

  
Malang, Pojok Kiri
Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi sebuah platform bagi mahasiswa untuk menyampaikan berbagai kegiatan yang memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

PMM bertujuan untuk menerapkan hasil penelitian dari Universitas Muhammadiyah Malang ke dalam praktik nyata untuk kepentingan masyarakat.

Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 88 Gelombang 3 yang beranggotakan Putri Setyo Prastika, Yashinta Chindy Pramesti, Farah Aulia Khansa Wardani, Balak Betari Sitoresmi, dan Divia Alldeina Reyhan Harahap, saat ini aktif dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan membantu kegiatan Posyandu untuk balita dan lansia di Desa Merjosari. Kegiatan ini berlangsung di Balai Dusun RW 09 Joyo Grand, Desa Merjosari, Kecamatan Lawokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. 


Ini adalah upaya nyata mahasiswa UMM untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat melalui kegiatan Posyandu.

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang melibatkan partisipasi aktif dari, oleh, dan bersama masyarakat. Tujuannya adalah untuk memberdayakan dan menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Koordinator Kelompok 88 PMM, Putri Setyo Prastika mengatakan bahwa Posyandu ini diadakan untuk ditujukan kepada balita dengan memberikan vaksin Polio. Selain itu, terdapat juga Posyandu lansia dengan sasaran pengecekan kesehatan kepada para lansia, baik itu tinggi badan, berat badan sampai gula darah.

"Kami mendapatkan kabar bahwasannya Posyandu ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2024 sehingga kami berinisiatif untuk membantu dalam penyelenggaraan Posyandu di Desa Merjosari ini." Ungkap Putri yang merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Semester 5 melalui keterangan tertulis, Sabtu, (17/2/2024)


Dengan warga sekitar, mahasiswa PMM membersamai pemberian vaksin pada balita dan pengecekan warga lansia dengan harapan dapat memberikan mutu kesehatan warga Desa Merjosari. Selain itu, harapan dari Kelompok 88 gelombang 3 PMM-UMM dari Kegiatan Posyandu ini dapat tercapainya masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Kegiatan PMM ini hanya dilakukan selama satu bulan sesuai dengan ketentuan dari pihak kampus kami. Harapan kami dengan kami membantu di Kegiatan Posyandu ini, kami dapat menjalin silaturahmi yang baik dengan warga Desa Merjosari dan dapat memberikan kesan yang baik untuk kedepannya. Selain itu, kami juga berharap semoga bantuan kami di Kegiatan Posyandu balita dan lansia ini dapat meningkatkan mutu kesehatan warga Desa Merjosari." tutur Putri. (*/putri/fii/yus)