Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Datangi Pj Bupati, Pedagang Pasar Gondanglegi Minta Pembangunan



PASURUAN, pojok kiri.Puluhan pedagang Pasar Gondanglegi, Kecamatan Beji mengadu ke Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto. Mereka meminta, agar pasar setempat dibenahi.

Pasalnya, pasca kebakaran, kondisi Pasar Gondanglegi semakin memprihatinkan. Selain kumuh, kondisinya juga semakin sepi. Mereka berharap, ada pembangunan sehingga Pasar Gondanglegi bisa menarik lagi.

Para pedagang itu, didampingi Ayik Suhaya, dari FKPPI dan juga Pengacara Asal Beji, H. Suryono Pane. Menurut Ayik Suhaya, Ketua GM FKPPI Pasuruan Raya kedatangannya ke kantor Bupati adalah untuk mencari solusi atas masalah yang dialami oleh pedagang Pasar Gondanglegi. Pasca kebakaran, banyak bangunan yang terbakar, membuat kondisi pasar semakin kumuh.

Ada rencana relokasi dengan penyediaan pasar desa di wilayah Cangkringmalang, tetapi pedagang enggan pindah karena pasar desa tersebut cenderung sepi. Mereka berharap agar Pasar Gondanglegi dibangun kembali untuk menghidupkan kembali usaha mereka.

"Kami harap pembangunan pasar Gondanglegi bisa dilakukan," kata Ayik.


Dikatakan Ayik, ada 87 kios di area setempat. Dari jumlah itu, sebanyak 25 kios terbakar. Kondisi itu membuat pedagang tak nyaman. Mereka terpaksa membuat bedak-bedak dadakan. 

Ketika hujan, kawasan setempat menjadi becek. "Nasib mereka ini sangat melas Pak Bupati. Mereka hanya menginginkan, agar Pasar Gondanglegi bisa dibangun. Sehingga, mereka bisa berjualan lebih baik, untuk kemakmuran mereka dan keluarga. Karena itu, kami harap 2024, bisa dilakukan pembangunannya," paparnya. 

Sementara itu, Suryono Pane yang juga mendampingi pedagang menguraikan, Pasar Gondanglegi merupakan satu-satunya pasar di Beji. Sementara, ada rencana relokasi dengan penyediaan pasar desa di wilayah Cangkringmalang. 

Pedagang sendiri ogah pindah, karena pasar desa itu, cenderung sepi. "Pedagang pernah mencoba. Ternyata, dagangan mereka tidak laku. Karena sepi," bebernya. 

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengatakan pembangunan pasar tidak menjadi prioritas pada tahun 2024. Namun, ia akan melakukan pembersihan dan renovasi kecil untuk memperbaiki kondisi pasar tersebut.

"Mohon maaf, untuk pembangunan memang belum. Tapi untuk pembersihan sisa kebakaran dan renovasi kecil-kecil, akan diupayakan," jelasnya.(yus)