Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Festival Suci Ajang Prestasi Seni, Olahraga Budaya dan Ruwat Desa Bulusari.



Pasuruan, Pojok Kiri
Dimulai dengan membanggakan potensi desanya sekaligus menanamkan rasa Nasionalisme, Pemdes Bulusari menyelenggarakan Festival Suci
(festival seni, olahraga, budaya) di Pendopo Suci Desa Bulusari, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jum'at (15 /09/ 2023) dalam rangka peringatan hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke 1094.

"Berangkat dari anak didik kita yang sekolahnya tidak masuk Zonasi, terutama desa Bulusari yang tidak masuk Zonasi jenjang SMAN dan SMPN yang ada diwilayah barat, Sehingga kita menggunakan festival ini, supaya anak-anak kita yang ingin masuk sekolah Negeri bisa melalui jalur prestasi, "Terang Siti Nurhayati dalam sambutannya saat pembukaan festival Suci.


Siti Nurhayati meminta dukungannya dari Pemda maupun dewan, untuk bisa mungkin dikaji ulang untuk Zona, karena Bulusari masuk wilayah ditengah-tengah sehingga sangat susah kalau ingin masuk sekolah negeri , "jadi kita mengadakan acara ini untuk menjaring yang sekiranya bisa dilalui untuk masuk sekolah negeri. Semoga acara ini berjalan dengan sukses, "tambahnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada anggota dewan, Samsul Hidayat, kepada donatur- donatur yang ada di desa Bulusari. Diberitahukan bahwasannya puncak acara nanti hari Senin akan mengadakan upacara peringatan hari jadi Kabupaten Pasuruan yang ke1094 pagihari dilapangan Bulusari setingkat kecamatan Gempol, setelahnya kegiatan acara akan dihibur oleh orkes Melayu Adella, malam harinya juga pagelaran seni budaya wayang dengan Abiyoso.


Jadi dimulai hari ini sampai hari senin kita mulai dengan harapan yang besar ditahun yang akan datang mungkin lebih besar dari ini , lebih meriah dengan persiapan yang lebih matang dan ada cabang-cabang olahraga lainnnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Samsul Hidayat, Desa Bulusari ini memang luar biasa, Bunda Kades, perangkat desa, BUMDes, dan Pokdarwisnya semua jalan, sehingga untuk tahun ini mencoba mengadakan festival suci, "Festival suci ini ada ceritanya, dari para peserta ini adalah anak-anak kita yang usianya itu di bawah 17 tahun, jadi masih suci, panitianya juga sama, Bunda kades beserta perangkatnya jug suci semua, karena dilakukan dengan sukarela. Jadi tidak tau waktu dan siang malam, semua dikerjakannya. Anggaran suci ini tidak ada , tapi karena niat baik, niat suci, insya Allah festival ini tetap berjalan dengan maksimal, "jelasnya

Samsul Hidayat juga berharap Zonasi itu supaya dihilangkan, menurutnya sangat membatasi. Hak-hak anak-anak tidak bisa di laksanakan, "Contoh untuk bisa masuk SMPN I/II tidak bisa, palagi SMAN Pandaan atau Bangil juga sangat tidak bisa kalau memakai Zonasi,"Katanya

Dengan acara festival Suci ini bagaimana anak-anak yang jadi peserta nantinya bisa mendapatkan sertifikat dari pemerintah daerah, hal ini menurutnya sudah di komunikasikan.

Dalam sambutannya Samsul Hidayat juga menyinggung terkait peredaran narkoba, Ia berharap dengan mengolahragakan masyarakat, "kegiatan ini secara tidak langsung juga, anak-anak kita, generasi kita ini bisa terhindar dari narkoba, "tegasnya. Pada kesempatan tersebut, asisten I kabupaten Pasuruan, Diano Vella Fery juga memberikan sambutan sekaligus membuka dimulainya Festival Suci dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Pasuruan yang ke 1094.

"Meski tidak masuk zonasi,jangan berkecil hati, karena dengan kondisi kritis, banyak ide yang dimunculkan. Begitu bangganya calon-calon penerus kita, sesuai harapan Pak Erlang BNN kabupaten Pasuruan, generasi kita jangan sampai terjerumus narkotika. Bulusari sudah menonjol dengan sangat luar biasa, Bunda Kadesnya luar biasa, inovasinya sangat luar biasa, dan ini yang tidak pernah terpikirkan oleh pemerintah pusat, dengan diberlakukannya zonasi, dan tidak main-main meskipun festivalnya ini tingkat desa, ada Abah Samsul Hidayat, nantinya sertifikatnya akan ditandatangani Bupati. Mudah mudahan nanti bisa juga membantu jalur prestasi, sehingga nantinya bisa membantu anak-anak kita yang memang memiliki prestasi tidak kesulitan untuk memilih sekolah yang di idamkan." Ungkap Diano.

Diano juga berjanji untuk tahun depan akan diagendakan lebih, mulai perencanaan dan anggarannya, bila perlu karena tetengernya (prasastinya) di desa Bulusari dusun Sukci, prioritas agendanya di desa Bulusari.

"Berkat kerja keras dan kerja cerdas, semua mendukung, nantinya bisa berdampak luas dan jadi agenda, karena tetengernya ada disini , wajar kalau kita memberikan perhatian luas untuk desa Bulusari. Semua itu bisa segera terwujud apabila semua potensi digerakkan. Semakin banyak ide-ide, semakin menjadi daya tarik. "Pungkas Diano.

Seusai pembukaan suci Festival, Jum'at, (15/09/2023) langsung di lanjutkan kejuaraan pencak silat
tingkat kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/09/2023) kejuaraan taekwondo tingkat provinsi Jawa Timur dan Kejuaraan sepakbola tingkat kabupaten Pasuruan, Minggu (17/09/2023) final taekwonfo tingkat provinsi Jawa Timur dan kejuaraan seni tari tingkat kabupaten Pasuruan, Senin (18/09/2023) upacara hari jadi kabupaten Pasuruan yang ke 1094, hiburan musik Om Adella, Pentas seni penutup suci festival 2023, Hiburan lawak Abiyoso Pasuruan, Pagelaran wayang kulit Ki Hasan Yulianto dari Sidoarjo. (Syafi'i/Yus).