Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Santunan dan Usapan Lembut Abah Elyas Kepada Anak Yatim-Piatu di Bulan Asyura

 

Pasuruan, Pojok Kiri

Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Fraksi Gerindra, Haji Elyas S.H. hadir dalam acara pengajian umum dalam rangka santunan anak yatim dan piatu serta peringatan tahun baru islam 1445 H, Minggu (13/8/2023) di Masjid Besar Assalam Gempol, Kabupaten Pasuruan.


Pada acara tersebut juga dilangsungkan acara penyerahan santunan anak yatim piatu, dimana Haji Elyas yang akrab di panggil Abah Elyas turut memberikan sumbangannya untuk anak yatim piatu. Menurutnya, Bulan Muharram dapat diartikan sebagai bulannya anak yatim piatu.


Di iringi lantunan sholawat Nabi, 100 anak yatim dan piatu menerima sumbangan dari Abah Elyas. Wajah ceriah dan ucapan terima kasih terucap dari mulut anak-anak yatim-piatu.


Menurut Abah Elyas, Islam bisa dimaknai sebagai momentum meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga persoalan - persoalan sosial yang dihadapi masyarakat dapat cepat teratasi. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama.


Usapan lembut Abah Elyas ke-kepala anak yatim-piatu , menunjukkan kasih sayang dan kepeduliannya kepada anak-anak yatim-piatu. Sebaliknya anak-anak  tersebut juga tampak merindukan belaian kasih sayang ayahnya.


"Tak terasa airmata menetes, saya sangat senang bisa berbagi kebahagiaan dengan anak yatim-piatu, kalau kita tidak peduli, siapa lagi, anak-anak itu butuh kasih sayang. Sesuai sabda Nabi, Barangsiapa mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan. Barangsiapa berbuat baik kepada anak yatim di sekitarnya, maka ia denganku ketika di surga seperti dua jari ini. Nabi menunjukkan dua jarinya; jari telunjuk dan jari tengahnya. "Ucapnya.

Usai prosesi santunan acara dilanjutkan dengan pengajian umum dengan pembicara KH. Sonhaji Abdussomad Pengasuh Pondok Pesantren AI Hidayah II Sukorejo Pasuruan.


Dalam isi ceramahnya KH. Sonhaji menceritakan  mengenai peristiwa penting bulan Muharram, terutama pada hari 'Asyura', di antaranya adalah:


Para hari 'Asyura', Allah menerima taubat Nabi Adam 'alaihis salam dari maksiat yang beliau lakukan, yang bukan kufur, bukan dosa besar dan bukan dosa kecil yang mengandung unsur kehinaan jiwa.


Pada hari 'Asyura', Allah menyelamatkan Nabi Nuh alaihissalam dan kaumnya yang beriman dari air bah yang menenggelamkan seluruh apa yang ada di atas muka bumi. Pada hari 'Asyura', Allah menenggelamkan Fir'aun dan menyelamatkan Nabi Musa 'alaihissalam dan kaumnya yang beriman.


Pada hari 'Asyura', Allah menyelamatkan Nabi Yunus 'alaihissalam dari dalam perut ikan Hut. Pada hari 'Asyura', Allah menganugerahkan kekuasan dan kerajaan kepada Nabi Sulaiman alaihis salam.


Beserta Forkopimcam Gempol Abah Elyas duduk di shaf depan, menghadap penceramah, mendengarkan dengan khidmat sampai usai. (Syafi'i/Yus).