Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kasat lantas polres Pasuruan hadiri kampung Unik, Ada Rambu-Rambu Di Jalan RT

Pasuruan, pojok kiri

Ada yang unik di Perum TPI Beji. Jalan lingkungan perumahan setempat dipasangi rambu-rambu layaknya jalan raya. 


Pemandangan unik itu, merupakan cara warga lingkungan RT 7 RW 4 Perum Taman Permata Indah (TPI) Pagak, Kecamatan Beji untuk mengedukasi warga. Akan pentingnya taat terhadap tata tertib berkendara. 


"Ini merupakan sarana edukasi untuk tertib berlalu lintas. Kami merancang RT tertib berlalu lintas agar mendorong kesadaran masyarakat untuk taat aturan di jalan," kata Adi Firmansyah, ketua RT 7 RW 4 Perum TPI Pagak. 


Ide tersebut muncul, semula untuk menyemarakkan HUT RI ke 78. Menurut Adi, setiap perayaan HUT, warga berlomba-lomba untuk mengkreasikan diri. Menyolek kampungnya masing-masing.


Saat itulah, ide tersebut muncul. Menyulap kawasan setempat dengan pemasangan rambu-rambu jalan. Layaknya jalan raya. 


"Kami merancang ini dengan dana kas dan iuran warga," sampainya yang menyebut ada 40 KK di lingkungan setempat. 



Dari situlah, diharapkan ada edukasi untuk tertib berlalu lintas. Bukan hanya kepada anak-anak. Tetapi masyarakat pada umumnya. 


"Rencananya, yang tak tertib lalu lintas di lingkungan kami, akan dikenai denda Rp 5 ribu. Uangnya nanti akan masuk kas. Tapi, masih kami rembuk lagi dengan warga," bebernya. 


Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra mengatakan RT setempat telah berinovasi untuk menyulap lingkungan menjadi lingkungan RT tertib lalu lintas. 


"Di lingkungan ini, warga gotong royong untuk melengkapi kawasan setempat dengan berbagai peraga rambu lalu lintas. Ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat," sampainya. 


Diharapkan, dengan terwujudnya lingkungan RT Tertib Lalulintas, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tidak hanya anak-anak. Tetapi juga mereka yang sudah dewasa untuk mengenal dan memahami aturan lalu lintas.(yus)