Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

ARKAP , Gelar Karnaval Raja-Raja Nusantara Dalam Rangka HUT RI Ke-78


pasuruan, Pojok Kiri
Raja dan Ratu Kerajaan Karangploso mengawali iring-iringan Karnaval dalam rangka Gebyar Pentas Seni Peringatan HUT RI Ke-78 Arek Karang Ploso (ARKAP) , Minggu (20/8)2023).

Sebelum karnaval di mulai Kereta kencana telah di siapkan dipelataran Kedaton Nggayuh Kamulyan (Kantor Balai desa Ngerong), tepat jam 8 WIB kereta di berangkatkan, sepasang Raja dan Ratu menaiki kereta kencana yang di susul oleh raja-raja Nusantara.

"Saya bangga dengan masyarakat dusun Karangploso umumnya desa Ngerong, mereka antusias, guyub rukun dalam segala kegiatan, seperti saat ini juga kegiatan-kegiatan keagamaan. Saya berpartisipasi juga sebagai penyemangat warga, selain itu momen ini kan momen kemerdekaan, sebagai wujud terima kasih atas jasa para pahlawan. "Ucap Jemik Sadiman.


Berbagai nuansa kerajaan mengiringi keberangkatan Raja dan Ratu Kades Ngerong Jemik Sadiman yang didampingi permaisuri, selanjutnya Iringan Prabu Hayam wuruk, Sultan Trenggono juga ikut serta, bahkan Bak Ratu dari Pantai Selatan juga ikut meramaikan karnaval tersebut.

Kostum Raja Mataram Islam yang dipakai Kades Ngerong, menambah istimewanya penampilan karnaval di dusun Karangploso, sepanjang jalan sang raja melambaikan tangannya kepada rakyatnya.

Selain para raja-raja Nusantara, Pangeran dan putri raja juga ikut serta mereka berjalan, sepanjang jalan yang di lalui mulai dari start di balai desa Ngerong dan finis di balai Dusun Karangploso mereka di elu-elukan penduduk sepanjang jalan. Mereka kagum dengan kostum yang di pakai, lemah gemulainya sang putri, gagahnya sang pangeran menambah kagumnya rakyat Karangploso dan desa tetangga.

Sementara, dibelakangnya juga ada prajurit kerajaan yang juga ikut mengawal perjalanan rajanya. Mulai dari pasukan panah, pasukan keris, dan pasukan tombak.

"Terima kasih saya sampaikan kepada panitia, warga dusun Karangploso dan warga dusun lain yang ada di desa Ngerong yang ikut berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Dirgahayu Republik Indonesia, begitu juga Desa Ngerong terus Melaju Untuk Maju.
(Syafi'i/Yus).