Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Abah Elyas Apresiasi Pengukuhan Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan.

Pasuruan, Pojok Kiri

 - Terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus menjadi penopang perkembangan desa wisata.


Hal tersebut sangat di apresiasi oleh Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Haji Elyas Fraksi Gerindra dari Komisi III saat hadir dalam acara pengukuhan Pokdarwis di balai desa Kejapanan, kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jum'at  (4/8)2023). Dihadapan dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Kepala desa Kejapanan Rendi Saputra dan para pengurus Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan yang akan di kukuhkan. Abah Elyas melalui aspirasi menganggarkan 100juta untuk pengembangan Pokdarwes tersebut.


"Saya sangat mengapresiasi dengan terbentuknya Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan, apalagi saya ini pernah jadi kepala desa Kejapanan, saya faham potensi apa yang perlu di angkat, untuk itu kedepan saya anggarkan 100juta. "Ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Abah Elyas  menyaksikan pengukuhkan Pokdarwis

Satria Majura oleh Dinas Pariwisata dan Kepala desa Kejapanan.


"Kelompok ini harus memiliki program yang baik agar potensi yang ada di desa, bisa dioptimalkan dan dijual kepada wisatawan. Salah satu contoh jangan disia-siakan gedung PIA yang ada di dusun Warurejo, bagaimana aset desa ini bisa manfaat dan jadi sumber PAD sekaligus jadi titik keramaian pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Ujarnya.


Kelompok yang dipimpin Ketua Mukhamad Subekhi, dalam proses susunan acara pengukuhannya di bantu oleh   Mahasiswa  ITS NU. Kota Pasuruan yang sedang melakukan KKN di desa Kejapanan.


Rendi Saputra Kepala desa Kejapanan berharap pengukuhan ini harus bisa menciptakan kelompok masyarakat yang mendukung pengelolaan wisata.


“Programnya jangan berhenti di pengukuhan ini saja. Harus bisa menciptakan kelompok masyarakat yang mendukung pengelolaan wisata hingga bagaimana mencari pendanaan untuk perkembangan wisata desa. Semua dirembug bersama demi kemajuan desa,” kata Rendi.


Terkait program jangka panjang Pokdarwis Satria Majura Mukhamad Subekhi yang akrab di panggil Ekhy, menyampaikan saat di temui awak media Pojok Kiri, " kita memiliki Program Utama Panca Darwis: 1. Pengembangan desa Wisata, 2. Menumbuhkan ekonomi kreatif pedesaan, 3. Mengelola usaha wisata dan olahan pangan, 4. Pemberdayaan ekonomi keluarga dan gabungan keluarga warga desa Kejapanan, 5. Inovasi pembangunan desa berjejak pada kekuatan yang ada. "Paparnya (Syafi'i/yus).