Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tanamkan Disiplin, MTs Nurul Huda Bulusari Sinergi Koramil 0819/20 Berikan Wasbang dan LBB Saat Matsama



Pasuruan, Pojok Kiri

Sebagian besar dari kita tentu sudah tak asing dengan istilah MOS atau Masa Orientasi Sekolah. MOS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah serta peraturan-peraturannya kepada siswa baru.


Namun di MTs Nurul Huda 

Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, istilah MOS  diganti dengan istilah baru yaitu Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang disebut Matsama atau Masa pengenalan lingkungan sekolah.


Salah satu Mastsawa yang di berikan kepada Siswa Siswi adalah Latihan Baris Berbaris atau PBB (Peraturan Baris Berbaris) hasil sinergi dengan Koramil 0819/20 Gempol.


Latihan Baris Berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan yang disiplin.


Dengan hal tersebut, Serka Rokhim dan 2 Anggota Babinsa Koramil 0819/20 Gempol Kodim 0819 Pasuruan  

memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang), bela negara, tata upacara dan Latihan Baris Berbaris (LBB) kepada 220 siswa - siswi MTS Nurul Huda di Lapangan Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, dalam rangka, Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah  atau Matsama, Jumat (21/7/2023).


Materi kegiatan Matsama itu sendiri berkaitan dengan pengenalan lingkungan sekolah serta program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah, tata tertib siswa, program Extra Kurikuler ,cara belajar, kepramukaan dan pengenalan bahaya narkoba . Sedangkan untuk wawasan kebangsaan serta latihan Kedisiplinan mendatangkan langsung dari TNI dalam hal ini Koramil 0819/20 Gempol Kodim 0819 Pasuruan.


Berkaitan dengan tata tertib siswa, program Extra Kurikuler ,cara belajar, kepramukaan dan pengenalan bahaya narkoba di ungkapkan oleh Subkhan, S.Pd.I, " Untuk mewujudkan generasi yang Islami, berakhlak mulia, kompetitif dan berwawasan lingkungan. MTs Nurul Huda menyiapkan sarana laboratorium Komputer, Lep Komputer dan Lab. IPA.  Untuk ekstra ada Pencak silat,  voli, futsal, Pramuka wajib, ada  juga hafalan Alquran 30 jus. Untuk ekstra sholat, dilaksanakan seminggu sekali secara berjamaah, istighosah berjamaah, dan sholat Dhuha berjamaah khusus hari Jumat. Kesehariannya siswa siswi melakukan Qur'anisasi (ngaji sebelum kegiatan belajar mengajar) di lapangan, khusus hari kamis ngaji Yasin. "Paparnya.


Adapun dalam pelaksanaanya, Babinsa dan Anggota Koramil  0819/20 Gempol memberikan materi PBB dalam bentuk teori terlebih dahulu, kemudian akan dilanjutkan dengan praktek langsung dengan tujuan untuk membekali siswa baru dengan keterampilan tentang baris - berbaris dan membentuk sikap mental disiplin sebagai siswa di sekolah. 


Serka Rokhim disela-sela kegiatannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menjalin sinergitas antara Koramil 20/Gempol  dengan MTS Nurul Huda dan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas mengarahkan pertumbuhan tubuh agar sehat secara jasmani selain itu Latihan Baris Berbaris (LBB) ini untuk membentuk sikap siswa  disiplin waktu,  kekompakan, kerapian, dan menghargai Gurunya.


Di tempat yang sama Kepala Sekolah MTS Nurul Huda Bulusari, Furin Fendra Indah Yani, S.Pd.(PLT), Saat dikonfirmasi, awak media Pojok Kiri  menyampaikan bahwa Latihan Baris-Berbaris (LBB) ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45.


Dengan materi yang diberikan oleh Koramil 0819/20 Gempol  diharapkan siswa siswi Mts Nurul Huda akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.


Peserta didik baru Mts Nurul Huda mengikuti materi dan latihan selama 3 hari tersebut dengan serius. Dengan bekal keterampilan LBB ini, siswa dapat menerapkannya di sekolah sehingga tercipta disiplin dalam berbaris.

Disiplin siswa dalam berbaris akan terlihat manakala siswa mengikuti upacara bendera rutin setiap hari Senin maupun upacara hari besar nasional. 


“Masa Ta’aruf Siswa Madrasah juga menjadi sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru dan merupakan momen yang sangat baik untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru dan mengembangkan interaksi positif antarsiswa ataupun degan warga sekolah lainnya."Kata Subkhan.


Dengan pemberian Wasbang dan Latihan Baris Berbaris (LBB) diharapkan para peserta didik baru dapat menumbuhkan perilaku positif seperti jujur, mandiri, saling menghargai untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.


“Kegiatan Matsam ini wajib diisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Wasbang dan LBB dapat melatih perilaku positif seperti jujur, mandiri, etos kerja, dan semangat gotong royong.” jelasnya.


Lebih lanjut Subkhan mengatakan "tujuan semua ini, menyiapkan kemasyarakat, setidaknya lulusan dari Mts Nurul Huda ini, ilmunya bermanfaat dimasyarakat, minimal manfaat untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan. "Ungkapnya.(Syafi'i/yus).