Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Panen Raya Desa Kepulungan, Keberhasilan Ketahanan Pangan

 


Pasuruan, Pojok Kiri
Sebagai Bentuk Syukur hasil pertanian program ketahanan pangan Kelompok Tani (POKTAN)  Pulung Jaya desa Kepulungan kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, melaksanakan Kegiatan Panen Raya, Minggu (3/7/2023) 
Yang mana Bibit Padi yang Premium telah dialokasikan dari Dana Desa kepada Para Petani.

"Terima kasih saya sampaikan kepada kepala desa dan jajarannya yang sudah mengalokasikan Dana Desanya untuk penguatan ketahanan pangan. Dan kami mengharapkan lokasi ini menjadi lahan sawah yang di lindungi, menjadi lahan ketahanan pangan berkelanjutan, mohon di pertahankan jangan di alokasikan ke kawasan bentuk lain. "Tegasnya.

Di tempat yang sama sambutan singkat kepala desa Didik Hartono SH. MH. menerangkan, "Saat ini ranah pengembangan desa wisata  untuk 
meningkatkan taraf hidup masyarakat sangat diperlukan.  Maka di tempat ini kedepan melalui kerjasama Pemerintah (BUMDes) desa dan petani, akan kita jadikan tempat ini sebagai potensi wisata seperti di Sumber Gempong. "Harapnya.

Panen Raya yang di Hadiri ketua fraksi PKB Samsul Hidayat, Kepala dinas Pertanian Ir. Lilik Wijiastutik MMA, Kepala desa Kepulungan Didik Hartono, tiga pilar Babinsa /bhabinkamtibmas beserta perangkat, Kelompok Tani Kajang I, Kajang II, Sumberejeki dan Harapan Jaya. 

Dalam sambutannya Kepala dinas pertanian menerangkan, "dalam melaksanakan Kebijakan Pemerintah yaitu Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen) untuk pengembangan potensi desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa atau lahan masyarakat. "Ungkapnya.

Menurut Lilik, petani sudah melaksanakan Sapta Usaha tani padi sawah yang meliputi pengolahan tanah, penggunaan benih unggul, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman padi sawah, pengairan, pengolahan hasil dan pemasaran."Ucapnya.

Desa Kepulungan melaksanakan ketahanan pangan dengan menanam padi, dengan tujuan meningkatkan penggunaan Benih/Bibit Unggul yang bermutu dalam usaha Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Meningkatkan dan mengoptimalkan lahan dan pelaksanaan serentak tanam serta pengendalian  Hama dan Penyakit dalam usaha pertanian, Meningkatkan Ketrampilan Petani 
Meningkatkan pemanfaatan kompos hasil dari TOSS setempat.


Pada kesempatan yang sama, sebagai wujud prestasi pemerintahan desa Kepulungan dan Kelompok Tani, Samsul Hidayat memberikan bantuan alat komunikasi Wolki Tolki kepada mereka. 

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, PPL, Adik2 Petani Milenial, Kelompok Tani dan Para Petani  yang bersama-sama bekerja maksimal sehingga menghasilkan Produk yang luar biasa.

"Semoga ke depan Kawasan ini menjadi tempat Wisata sehingga Kepulungan menjadi Desa Berdaya dan Mandiri." Ucap Samsul.(Syafi'i/Yus)