Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Inul Daratista Berbagi Kebahagiaan, Dengan Kurban Sapi Berukuran Besar

 


Pasuruan, Pojok Kiri

Hari Raya Idul Adha tentu dirayakan dengan suka cita oleh umat Islam di seluruh dunia. Para artis Tanah Air  Inul Daratista tak mau ketinggalan membagikan momen berkurban di kampungnya dusun Melikan, desa Kejapanan, kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, tahun ini, Sabtu (1/7/2023).


Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang dianggap sebagai salah satu bulan istimewa karena di dalamnya terdapat momentum haji dan kurban. 


Dalam upaya melengkapi ibadahnya di Bulan Zulhijah Keluarga besar Inul Daratista melakukan kegiatan Kurban 3 ekor Sapi yang di peruntukkan atas nama Inul Daratista, Adam Suseno dan putranya Yusuf Ivander Damares. Kegiatan tersebut dilangsungkan di rumahnya sendiri di dusun Melikan Kejapanan,  sejumlah 3 ekor Sapi. Beratnya sungguh - sungguh luar biasa besar dan menakjubkan rata - rata 1,3 ton. 


Inul Daratista menyerahkan kepanitiaan penyembelihan kurban kepada takmir masjid Ussisa Alattaqwa dusun Melikan. Menurut ketua Takmir, " Sudah kami siapkan setelah mendapat amanah, tahun-tahun yang lalu Mbak Inul menyumbangkan satu ekor lembu di letakkan di masjid Ussisa Alattaqwa, dan baru kali ini beliau menyelenggarakan sendiri, di rumahnya sendiri dengan ada penambahan ekor, hari ini ada 3 ekor lembu dengan kapasitas tonase yang lebih besar, "Ungkap Zainal Arifin, ketua Takmir Ussisa Alattaqwa.


Wujut tanggungjawab panitia dari  takmir masjid Ussisa Alattaqwa, Segala sesuatu menjelang hari H, pihak pengurus masjid sudah melakukan persiapan dengan alat bantu penyembelihan hewan kurban, penyediaan jumlah panitia  sampai teknis penyembelihan dan distribusi dagingnya.



Inul Daratista sangat senang, sapi yang dikorbankan di sembelih dengan alat bantu. Sapi sebelum di sembelih digiring ke kerangkeng, terus dengan sigap beberapa petugas memasangkan sabuk di bagian badan dan kaki sapi lalu mengikatnya ke alat tersebut. Setelah dirasa aman, engsel alat tersebut dibuka dan dengan perlahan sapi direbahkan, disembelih, lalu kemudian digeser menggunakan rel ke tempat sapi untuk dikuliti.


"Alat yang kita buat sendiri 

Ini dari panitia, betul - betul membuat sapi sangat nyaman sekali untuk di rebahkan, biasanya secara manual, sangat menyiksa. Kalau alat ini nyaman jatuhnya pelan-pelan ketanah, setelah itu baru proses penyembelihan, "Ucap petugas Penyembelih.


Sangat mengharukan, Keluarga besar Inul, dimana hewan kurban sebelum di lakukan penyembelihan, dia mengusap-usap kepala hewan sapi, ada kata kata yang di bisikkan,  usapan kasih sayang sesama mahluk Allah. 


Usai di sembelih, Inul dan Mas Adam ikut membantu dan berbaur dengan panitia yang rata - rata teman sekampung dan tetangga dekatnya, rasa kekeluargaan sangat kental, tidak ada jarak, bahkan seringkali bercanda.


" Saya sangat bahagia dapat berbagi kebaikan dengan tetangga," ujar Inul Daratista.


Sapi-sapi dengan hasil daging 2.400 kilo diberikan kepada 1.700 penerima yang melingkupi RW. 6,8, 9,10,12,22,23 di wilayah Kejapanan seputaran tetangga Inul. 


Penyanyi berbakat ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu, khususnya Remas dan takmir masjid Usisa Alat taqwa Kejapanan, mulai persiapan, penyembelihan dan pendistribusian daging.


"Matur suwon sudah membantu saya dalam prosesi kurban ini," katanya. (Syafi'i/Yus).