Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jumlah DPT Pasuruan Meningkat



Pasuruan , pojok kiri
Jumlah DPT Kabupaten Pasuruan bertambah 31 ribu orang. Penambahan itu diketahui, berdasarkan hasil rapat pleno penetapan DPT, Rabu (21/6). 

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin menguraikan, jumlah DPT pada Pemilu 2024, jauh lebih tinggi dibandingkan 2019 lalu. Di mana pada 2019 lalu, jumlah DPT di Kabupaten Pasuruan, hanyalah 1.179.000 orang. 
Artinya, ada kenaikan kenaikan sekitar 31 ribu. “Ada peningkatan jumlah DPT antara pemilu 2024 dengan pemilu 2019 sebelumnya,” ujarnya. 

Faizin menambahkan, peningkatan ini dipengaruhi beberapa hal. Salah satunya, bertambahnya anak yang akhirnya masuk usia memilih. Sehingga, berdampak besar, terhadap banyaknya pemilih saat ini. 

“Secara tahapan ini sudah fix. Karena sudah masuk DPT. Kecuali ada petunjuk dari pusat,” jelasnya.  

Ditegaskan Faizin, masyarakat yang tidak masuk DPT tidak perlu khawatir. Karena mereka masih bisa melakukan pemungutan suara. Mengingat, ada DPTb atau daftar pemilih tambahan yang disiapkan bagi yang tidak masuk DPT. 

Tahapan DPTb ini, akan dijalankan sejak 22 Juni 2023 hingga 7 Februari 2024. “Nantinya juga ada Daftar Pemilih Khusus (DPK) jika tidak masuk dalam DPT. Artinya, mereka masih bisa menyalurkan hak suaranya,” paparnya.(yus)