Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Panitia Pilkades Winong Telah Terbentuk Untuk Songsong Pesta Demokrasi



Pasuruan, Pojok Kiri
Ketua BPD Winong beserta anggota  Gelar Musdes, Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala desa Serentak Tahun 2023,  Rabo (17/5/2023) di pendopo desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Musyawarah ini di pimpin oleh Ketua BPD Winong, Misron dan dihadiri oleh Kepala Desa Winong, Suyanto, Forkopimcam Gempol, Babin&Babinsa, RT/RW, PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda setempat.

Ketua BPD Desa Winong  mengatakan bahwa musyawarah ini merupakan salah satu tahapan dalam pemihan kepala desa (pilkades) serentak untuk memilih panitia pilkades di desa yang akan menjalankan fungsinya selaku penyelenggara pilkades.

" Kegiatan ini terselenggara atas amanah undang - undang Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa, dan peraturan Bupati Pasuruan nomor 94 tahun 2019, kami selaku BPD desa Winong menyelenggarakan pembentukan panitia pilkades, dan saat ini telah melakukan tahapannya." Ujar Misron.

Dalam pemilihan PPKD ini pihaknya melibatkan seluruh unsur terkait untuk memberikan masukan dan saran untuk memilih PPKD yang mampu bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Sementara itu Kepala Winong, Suyanto  mengungkapkan rasa senang dan apresiasi kepada BPD dan warga desa yang menyempatkan waktunya untuk hadir dan selanjutnya secara mufakat memilih PPKD.

“Kita harap suasana aman dan damai seperti ini tetap terjaga dalam setiap tahapan pilkades hingga pada penetapan hasil pilkades nantinya,” jelasnya.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Gempol, Komari, menurutnya bukan hanya di desa winong, 47 desa lainnya saat ini juga merampungkan tahapan pembentukan PPKD oleh BPD masing-masing. Setelah ini, tahapan berikutnya yakni Bimbingan Teknis (bimtek) bagi seluruh PPKD untuk mengetahui tugas dan fungsinya selama tahapan pilkades.

" Mulai dari pencanangan kemarin di 47 desa , Pilkades ini serentak, tidak boleh meleset, mulai dari proses pembentukan panitia mulai tanggal 11 sampai dengan tanggal 24 mei, karena tanggal 25 panitia sudah diberikan bimbingan teknis oleh panitia kabupaten, " Ucapnya.

Untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dan mengurus kepentingan masyarakat dalam sistim pemerintahan desa dibutuhkan pemimpin yang mampu melayani, peduli dan tanggap terhadap segala kebutuhan dan keinginan masyarakat, begitu pula panitia yang di tunjuk,  menurut Komari jangan sampai ada kekhawatiran   tidak bisa, pasti bisa,  "Yang penting ada rasa kepingin membangun Winong bersama - sama melalui proses pemilihan kepala desa, karena niatnya membangun, apapun rintangannya akan dihadapi." Tegasnya.

Dengan demikian dibutuhkan legitimasi dari masyarakat melalui proses demokrasi dalam bentuk pemilihan kepala desa secara langsung, umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarkan informasi berkenaan dengan tahapan pemilihan kepala desa, agar semua pemangku kepentingan dapat mengetahui dan memahami tentang tugas dan peran dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak yang akan dilaksanakan Tahun 2023.

" Malam hari ini kita susun panitia dengan perasaan senang, tanpa ada perasaan apapun juga, siapapun yang di pilih, terima dengan perasaan senang, karena ini amanah, amanah untuk memilih pemimpin, amanah untuk melaksanakan tugas, "Tegas Komari.

Dari musdes ini berdasarkan kesepakatan bersama, akhirnya terpilih sebanyak 7 orang PPKD yang pada saat itu juga langsung dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua BPD Desa Winong.

“Alhamdulillah hari ini kita laksanakan musyawarah untuk memilih PPKD dan berdasarkan kesepakatan bersama orang-orang yang terpilih. Mereka ini berasal dari perangkat desa, tokoh pendidik, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” tuturnya.

Adapun susunan panitia terdiri atas, 
-Ketua: H. Yasmak 
-Sekretaris: Mustofa (muden).
-Bendahara: Karniyah
-Sosialisasi: Nurabidin,
Muklas, H. Khafit, Misbahudin.
-Logistik: Mardiono, Munaji, Fatkhur, M. Reza.
-Tatacara Pilkades: Saiful Bahri, Nurhalimatus syakdiayah, Hari Susilo, Firda.
-Seksi pelaksanaan: Muhiati, Rian Afandi, Syaifudin, Karjo.


Komari berharap kepada panitia yang terpilih tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik, amanah, dan penuh semangat serta keikhlasan. Iapun berharap selama tahapan Pilkades situasi keamanan selalu kondusif, tertib, dan lancar.

Ia juga berpesan kepada PPKD agar bekerja dengan amanah, penuh tanggung jawab, menjaga netralitas serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Kami harap semua panita yang terpilih menjaga netralitas dan mari kita sambut dengan suka cita, ini pesta demokrasi, miliknya desa Winong, yang bahagia adalah warga desa, untuk memilih kepala desa. Maka siapapun yang sudah di berikan amanah, saya mohon ihlas. "Pungkas Komari. (FII/yus).