Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dengan Pasar Ramadhan Dusun Ngerong, Komunikasi Antar Warga Terjalin Kerukunan



Pasuruan Pojok Kiri
Berbuka bersama keluarga, teman atau orang terkasih, salat tarawih di masjid, sahur dibangunkan dengan berbagai alat musik tradisional yang dimainkan anak-anak, dan masjid-masjid yang selalu mengumandangkan bacaan ayat suci Al-qur’an, semua itu yang selalu ditunggu dan dirindukan saat menjelang bulan suci ramadhan.

Tetapi di bulan Ramdhan tahun ini beda dari sebelum - sebelumnya dan baru kali ini di adakan sepanjang sejarah, yakni Mengusung tema Pasar Ramadhan dusun Ngerong, desa Ngerong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, tepatnya di ruas jalan desa dusun Ngerong yang di sulap menjadi Pasar Ramadhan menjelang mahrib, berbagai jajanan pasar ala bulan Ramadhan hadir untuk memberikan suasana berbuka puasa yang khas bersama keluarga dan sahabat, setiap hari Sabtu selama ramadhan, terbuka untuk umum dan gratis masuk hanya ada selama bulan ramadhan.

" Saya bangga adanya pasar Ramadhan ini, selain saya bisa ngabuburit saat menunggu waktu berbuka puasa, tempat ini bisa sebagai ajang bagi kami untuk berkumpul, bersilaturahmi, hingga reunian," ujar salah satu pengunjung.

Karang taruna dusun Ngerong selaku penggagas acara menamai Pasar tersebut "Pasar Ramadhan Dusun Ngerong ".
Sepanjang area tersebut dipenuhi dengan lebih dari 32 gerai makanan dan minuman antara lain petagang  baju, makanan dan takjil.

Ragam takjil dan kuliner Ramadan dijual di lapak-lapak jualan sepanjang area Pasar Ramadan, berbagai UKM asli warga dusun Ngerong,  dari makanan berat seperti  Martabak, Jualan Makanan Ringan, Menjual Bakmi, Jual Aneka Gorengan,  Cilok,  Kroket Kentang, Lauk Pauk, Buah-buahan, Kolak,  Jual Es Kopi Susu, Es Coklat,  Es Pisang Hijau,  aneka Es Buah, Es Cendol atau Dawet, Jus Alpukat, Brown Sugar Boba, Kue Lapis, Air Mineral, Jual Pasta hingga jajanan pasar berjajar rapi di sepanjang ruas  jalan desa Ngerong, di buka mulai jam 16, 00 WIB s/d jam 21, 00 WIB. Tak hanya itu saja, ada stan khusus yang penjaganya rata rata anak muda, di stan tersebut amat diminati pembeli, terpajang pakaian muslim seperti baju koko dan mukena. Dari pantauan Pojok Kiri tampak di stan tersebut pakaian muslim tak henti-hentinya melakukan sejumlah transaksi kepada pembeli.

Tak hanya itu kampung ramadhan yang di ikuti puluhan stand pelapak makanan dan takjil, juga diramaikan oleh Group kesenian musik  yang dimainkan oleh anak-anak dari dusun Ngerong juga membuat suasana sore semakin ramai.

Suksesnya acara ini tidak lepas dari peran serta Karangtaruna Dusun Ngerong  dan dukungan tokoh masyarakat. Bermula dari niat kepedulian orang-orang untuk mencari takjil sambil ngabuburit,  muncullah inovasi untuk di gagas dalam rapat karangtaruna, yang selanjutnya menghasilkan keputusan membuat Pasar Ramadhan di ruas Jalan desa dusun Ngerong. Selain itu kegiatan ini nantinya juga bisa menggugah kepedulian masyarakat dan UKM, sehingga ekonomi menjadi  meningkat.

Seperti yang di utarakan ketua Karangtaruna Dusun Ngerong, Faisal Alek saat di temui awak media Pojok Kiri di area Pasar Ramadhan, Sabtu (25/3/2023), " Adanya pasar Ramadhan ini, kami berharap kepedulian lingkungan dan UKM sehingga terjadi komunikasi dan interaksi. Dengan adanya Pasar Ramadhan komunikasi antar warga terjalin kerukunan.   

Hal yang sama juga di ungkapkan Yuswa, selaku Koordibator lapangan, menurutnya Meski di awal-awal sosialisasi yang daftar stan lapak sedikit, banyak warga pesimis, namun H-1 yang berminat cukup banyak.

" Pertama awal - awal sosialisasi yang daftar sedikit, ternyata setelah mendekati hari H-1 yang daftar cukup banyak, apalagi setelah area tempat berjualan kita dekorasi, kita konsep sedemikian rupa sehingga tempat tersebut menjadi menarik, bahkan kita juga menyediakan armada antar jemput peralatan berjualan bagi pedagang, " Ungkapnya. 

Hal senada juga di ungkapkan oleh tokoh masyarakat, Muhammad Mujayyin yang biasa di kenal sebagai ketua kelompok swadaya masyarakat Ngerong Asri, "Kolaborasi Karangtaruna, tokohmas, toga,Ibu-ibu Kader PKK, warga UKM dan Masyarakat dusun Ngerong, yang di kemas dalam bentuk Pasar Ramadhan ini adalah dalam rangka penguatan ekonomi mikro  yang kami lakukan di hari Sabtu selama bulam ramadhan dan acara ini juga bagian dari prakerja dan pengalaman dalam dunia usaha  dan berorganisasi bagi pemuda  dan pemudi dusun Ngerong sehingga   solidaritas kepemudaan selalu terjalin, hal ini sangat membawa pengaruh positif, mencegah terjadinya kenakalan remaja yang diakibatkan banyaknya angka pengangguran di dusun Ngerong, "Ungkapnya.

Menurutnya kondisi persaingan usaha yang begitu ketat dan persaingan yang sangat - sangat menguras energi saat ini maka di perlukan inovasi - inovasi, apalagi desa Ngerong terkenal dengan desa Inovasi, terbukti lagi saat ini karangtaruna dusun Ngerong bisa membaca peluang di bulan ramadhan yang di aplikasikan dalam bentuk Pasar Ramadhan.  
"Pasar berkah Ramadan ini adalah bentuk bagian puji syukur kami terhadap Rezki Allah yang diberikan lewat program - program dusun dan program CSR perusahan terdekat utamanya dari perusahaan PT.sorini agro Asia corporindo sebagai program lanjutan penguatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan ring satu perusahaan. "Kata Muzayyin.

Membludaknya masyarakat memburu makanan di pasar Ramadhan dusun Ngerong hari perta di buka  jadi pertimbangan tersendiri, para pengunjung dan UKM mengusulkan kalau bisa tidak hanya hari Sabtu saja. (Fii/Yus)