Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

364 PKD Diambil Sumpah Guna Wujudkan Pemilu Bermartabat


Pasuruan, Pojok Kiri
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Pasuruan menyiapkan pelaksanaan  pemilu agar terwujud pemilu yang bermartabat. Salah satunya dengan melantik dan mengambil sumpah Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan Nasrub, SH. untuk  menyongsong tahun 2024 atau tahun diadakannya pemilihan umum (Pemilu) serentak, Senin (6/2/2023) di The Paviliun Tamandayu Golf Club and resort jl. Surabaya Malang kilo meter 48 kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan dalam acara Pengambilan sumpah  janji dan pembekalan panitia pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD) pada pemilihan umum serentak tahun 2023 menyamaikan selamat kepada 364 PKD se-Kabupaten Pasuruan, "Semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, serta senantiasa memegangi aturan perundang-undangan. "Ucapnya.

Bawaslu Kabupaten Pasuruan pada hari ini telah memiliki pasukan terpilih yang sudah melalui proses seleksi yang telah dilaksanakan hampir satu bulan, "Tantangan bekerja kedepan akan semakin berat sehingga saya minta kepada para PKD untuk senantiasa siap dalam menjalankan tugas sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan tata cara yang telah di tetapkan, "Minta Nasrub. 

Menurut  Nasrub,  setelah adanya pelantikan dan pengambilan sumpah akan dilaksanakan pembekalan agar anggota PKD mampu melaksanakan tugas pengawasannya secara maksimal.

“Mereka sudah melewati proses penyaringan cukup panjang sejak Januari lalu, mulai dari seleksi administrasi hingga tes wawancara. Setelah pelantikan ini akan ada pembekalan, temen-temen akan dibekali dengan kecakapan dasar pengawasan intinya kami berharap PKD ini bisa integritas profesionalitas karena sebagai garda terdepan,”terangnya.


Menurut regulasi, Bawaslu  adalah lembaga pengawasan yang menjaga integritas pemilu untuk pelantikan, karena pembentukan PKD dilaksanakan oleh panwascam, maka yang melantik harus panwascam itu sendiri. Sehingga dalam melakukan  pengawasan jangan sampai melakukan pelanggaran. Pekerjaan PKD di depan mata.

" KPU sudah membentuk pantarlih, segera koordinasi dengan PPS desa masing masing, karena KPU sudah melakukan pemetaan TPS dan membentuk pantarluh segera koordinasi dengan stakeholder yang ada di desa masing masing, sehingga dalam pengawasan bisa maksimal, karena DPT adalah yang sangat rawan selama ini, untuk itu pastikan PKD mengawasi pelaksanaan yang di tentukan Pantarlih. Tetapi dengan catatan harus dengan tatakrama yang harus kita jaga. Koordinasi yang baik dengan PPS, sehingga pelaksanaan kerja kerja pengawasan yang dilakukan berjalan baik, baik kepada semua orang, baik kepada semua penyelenggara pemilu, " Pesan Nasrub.


Pelantikan serentak dari 24 kecamatan, dan 364  desa / kelurahan di kabupaten Pasuruan  dihadiri oleh Yudha Triwidya Sasongko  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Mewakili Bupati Pasuruan yang berhalangan hadir.

Yudha mengungkapkan, “bahwa pemilu ini kurang 372 hari, saat-saat yang menentukan nasib bangsa negara ini, momentum ini bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Sebua proses panjang, PKD yang di Lantik hari ini adalah pilihan yang diharapkan dipundak PKD semua tugas mengawasi, berkontribusi bersama - sama dengan panitia pemilihan dari semua tingkatan. Sukses tidaknya panitia, sukses tidaknya pemilu di tahun 2024, itu salah satunya ditentukan bagaimana integritas teman teman dalan menjalankan tugas. "Tegas Yudha.(Fii/Yus)