Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Salah Satu Target SDGs Pemkab Pasuruan, Penuhi Kesediaan Air Bersih



Pasuruan, Pojok Kiri
AIR minum merupakan hal yang krusial dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Air menjadi sumber kehidupan dan kebutuhan dasar bagi kehidupan. Kebutuhan dasar tersebut harus dipenuhi dengan sistem penyediaan air minum yang berkualitas, sehat, efisien, efektif, dan terintegrasi kepada sektor sanitasi. Jika kebutuhan ini terpenuhi maka masyarakat dapat hidup sehat, produktif, dan dapat meningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Saat ini Upaya pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan adalah pencapean target SDGs dengan memberikan kecukupan air bersih dan sanitasi untuk warganya. Karena air adalah salah satu kebutuhan pokok di dalam kehidupan maupun memberikan penghidupan.

Dalam rangka mencapai target akses air minum dan sanitasi yang menyeluruh serta target Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, Salah satu upaya pelaksanaan SDGs di Pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan ialah  kegiatan fisik Pekerjaan Pengembangan Jaringan Distribusi (SR) di desa Gempol, Legok, Winong dan Kejapanan Kecamatan Gempol.

" Atas nama warga desa Gempol dusun Wonoayu, Kesek, Patuk, kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasuruan yang telah membantu pemasangan distribusi PDAM rumah tangga, apalagi program ini Gratis, tidak bayar sama sekali. " Ucap Kades Gempol 
Akhmad Dwi Setiyono. 


Kepadatan penduduk di wilayah Kecamatan Gempol khususnya ke empat (4) desa tersebut sangat di butuhkan, karena semakin padat penduduk sumber air sumur semakin terkontaminasi adanya limbah rumah tangga, kosumsi air. Bersih dari PDAM menjadi kebutuhan pokok, karena Mengonsumsi air minum yang tidak layak akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat, seperti meningkatnya penyakit diare, muntah, mencret dan stunting.

" Desa Kejapanan merupakan desa yang dengan jumlah penduduk terbanyak di kecamatan Gempol bahkan tingkat Kabupaten, Alkhamdulillah di program ini warga kami dusun Ngasem, Pabean dan Bandulan,  mendapatkan program lanjutan  pemasangan jaringan PDAM gratis, meski sempat tertunda karena pandeami covid 19. 
" Terang Kades Kejapanan Rendi Saputra, saat di temui awak media Pojok Kiri di ruang kerjanya, Senin (1/11/2022).

Oleh sebab itu, berdasarkan Permenkes RI Nomor 492 Tahun 2010 sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2015- 2030. PemKab Pasuruan melalui Dinas Sumber daya air,Cipta karya dan Tata ruang kabupaten Pasuruan, melakukan Pengerjaan kegiatan fisik Pekerjaan Pengembangan Jaringan Distribusi (SR), No.kontrak 640/3.02.41/424.074 /2022., Sumber dana DAK,  Nilai kontrak Rp 3.389.661.000 ,- , mulai pengerjaan  Tanggal 15 Juni 2022. , Dengan  Waktu pelaksanaan 120 hari kalender .

Selain target penambahan SR,  Pemda dan  PDAM berharap   Program Pelayanan 100 % Air Bersih di sebuah zona atau wilayah Kabupaten Pasuruan tercapai,  sehingga  Nantinya di zona tersebut, air bersih dinikmati secara 100% oleh semua warga, sesuai dengan Amanah Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air, dan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, serta PP Nomor 112 Tahun 2015 tentang Sistem Penyedian Air Minum. (FII/Yus)