Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Raja - Raja Jawa Tampil Dalam Karnaval Kirab Budaya di Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1093



Pasuruan, Pojok Kiri
Hari ini, Kabupaten Pasuruan genap berusia 1093 tahun. Untuk memperingatinya, Pemerintah Desa Bulusari menggelar Apel Hari Jadi di Lapangan Bulusari, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Minggu (18/9/2022) pagi hari, yang selanjutnya di lanjutkan dengan Karnaval Kirab Budaya Hari Jadi.

Rangkaian acara Apel hari jadi tersebut pesertanya terdiri dari perangkat desa Se-kecamatan Gempol, AKD, Lembaga pendidikan, Ormas Se-desa Bulusari ( NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU, Pagar Nusa), Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tak hanya itu saja, rangkaian acara,  kemarinnya, Sabtu (17/9/2022) pemdes Bulusari sudah melakukan rangkaian Ritual Ruwat Desa, sebagai bentuk Representasi Rasa Cinta kepada Sang Leluhur Babat  Desa Bulusari.

Selesai Apel hari jadi, Kades Bulusari beserta Jajarannya di saksikan peserta upacara dan warga sekitar, Hj. Siti Nurhayati melakukan  pelepasan Balon yang mengangkat Bener bertuliskan " I Love Bulusari ". 

Sebagai wujut syukur dihari jadi kabupaten Pasuruan sekaligus Ruah desa, selesai Apel Hari Jadi, digelar tumpengan di pendopo desa. Ada 18 tumpeng, 9 tumpeng untuk pagi hari, 9 tumpeng yang lain diperuntukkan sehabis Maqrib.


" Kita melakukan tasyakuran tumpeng adat Jawa, intinya kita mengucapkan rasa syukur dihari jadi ini, kita tasyakuran makan bersama dengan tumpeng. Mengapa kok tumpeng !!!!, Karena tumpeng itu  khas Jawa  yang disajikan dalam bentuk syukur bersama, makan bersama, wujut kerukunan, keguyuban, dan persaudaraan. "Terang Mudin Bulusari.

Tak hanya itu, Pemdes Bulusari juga menyediakan makan untuk umum dan tamu  yang melihat puncak acara Ruah desa dan Kirab budaya, yaitu  pagelaran Wayang kulit. Ribuan porsi telah disediakan.

Rangkaian acara Ruah desa dan Kirab Budaya di hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 1093 telah terlaksana begitu meriah. Penampilan semua peserta yang diperkirakan 3ribu peserta dengan berbagai penampilan mulai nuansa jaman kerajaan, tempo dulu, dan era sekarang.


Rute Karnaval Kirab Budaya  Start Lapangan Bulusari yang Berangkatkan  oleh PJ, Camat Gempol di dampingi Sekcam Gempol Hj. Masijah SE., Serasa memasuki dunia era Kerajaan, penampilan kostum Kades Bulusari Hj. Siti Nurhayati yang di dampingi Suaminya. Layaknya Sang Raja Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isana berdampingan dengan  Ratu Shima, di susul Ketua BPD, Subhan berpenampilan sepeti Raja Damarwulan yang berdampingan dengan permaisuri Ratu Kencana Wungu, belum lagi penampilan dari Kawil Blimbing, H. M. Atim yang tampil seperti sosok Raja  Kahuripan yang bergelar  Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga dengan menaiki kereta kencana diiringi dayang dayang yang di susul sang ratunga yang juga menaiki kereta kencana, dan berbagai penampilan yang lain.(Fii/Yus)