Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Nuansa Adat Jawa, Musrenbang Desa Wonosari Tahun 2023-2024 Berjalan Lancar



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemandangan berbeda terlihat saat Desa Wonosari Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Pagi ini di Pendopo Desa Wonosari  kamis, (25/8/2022) dilaksankan Musrenbang Desa Penyusunan Rencana Pemerintah Desa tahun 2023. Semua perangkat desa   tampak memakai pakaian adat Jawa.

 “Memilih pakaian adat Jawa juga sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai adat dan budaya Jawa ,” ucap Daman Huri.

Musrenbang Desa Penyusunan Rencana Pemerintah Desa tahun 2023. Dalam acara itu dipimpin oleh Kepala  Desa Wonosari Daman Huri  serta dibuka " dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim  Musrenbangdes Wonosari di buka oleh Sekcam Gempol Hj. Majidah.

" Acara ini merupakan agenda tahunan, Kegiatan wajib sesuai regulasi. Dari awal kita selaku pemerintah desa bakal menentukan tahun depan ini desa mau dibawa kemana, sebelum kita melakukan musdes, kita telah melaksanakan musyawarah Dusun secara maraton dari dusun A ke dusun B, apa -apa yang menjadi usulan selanjutnya kita rekap. Semoga kegiatan ini membawa manfaat kemajuan desa Wonosari. " Jelas Daman Huri.

Hadir pada kesempatan tersebut, kades Wonosari Daman Huri,  DPRD kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat dari fraksi PKB, Sekcam Gempol Hj. Majidah SE., Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, Kawil, BPD, dewan Guru TPQ Madin,  Dan juga dihadiri para, Ibu PKK , Tokoh Masyarakat, Tokoh agama,  serta tokoh pemuda,


Musrenbang Desa dalam rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2023 dan Penyusunan RKPD tahun 2024 dilaksanakan untuk merencanakan kegiatan - kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di Tahun 2023. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di Tahun 2023 disusun oleh Tim Penyusunan RKP Desa untuk Tahun 2023 . Kegiatan - kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di tahun 2023 itu merupakan kegiatan-kegiatan yang sudah tercantum di RPJMdesa dan merupakan usulan-usulan musyarawah desa yang diusulkan oleh masyarakat desa yang berskala periotitas Desa yang juga merupakan misi dan visi Kepala Desa wonosari serta mengikuti regulasi -regulasi penyusunan RKP Desa Tahun 2023 salahsatunya dengan Musyawarah Dusun.

" Merujuk pada undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa, peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa, dan Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 132 tahun 2019 Tetang petunjuk teknis penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa dan rencana kerja pemerintah desa. Maka Desa Wonosari wajib menyusun rencana kerja pemerintahan desa pada tahun sebelumnya sebagai acuan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa pada tahun berikutnya, minta tolong utamakan Skala prioritas untuk desa Wonosari. " Ucap Sekcam Gempol.

Selanjutnya Samsul Hidayat putra daerah juga Mantan Carik Wonosari yang saat ini sebagai  anggota DPRD 3 periode dari fraksi PKB menyampaikan dalam sambutannya, " Musyawarah Penyusunan RKPD tahun 2024 merupakan  usulan-usulan kegiatan yang akan menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan, usulan-usulan yang saat ini kita susun  tersebut akan diteruskan ketingkat kabupaten melalui Kecamatan Gempol, saya hadir disini supaya saya bisa memberikan arahan dan tau apa saja yang jadi skala priorita s usulan, supaya saya bisa mengawal, sekaligus memberitahukan usulan apa saja di tahun ini yang sudah terealisasi . " Ucapnya.

"Masih menurut Samsul Hidayat, tolong PBBnya ditingkatkan, karena saat ini PBB masuk menjadi Pendatan asli daerah, supaya pembangunanannya lancar. "Tambahnya. (Fii/Yus).