Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kelompok ternak Unggas Subur Makmur Randupitu Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Jawa Timur


Pasuruan Pojok Kiri
Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur menggelar penilaian Lomba Managemen Kelompok Agribisnis Peternakan tingkat provinsi. Untuk Kabupaten Pasuruan Kelompok ternak Unggas Subur Makmur dusun Babat Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan terpilih sebagai peserta yang mewakili Kabupaten Pasuruan dalang ajang lomba Managemen Kelompok Agribisnis Peternakan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022
Jum'at ( 5/8/2022).

Program yang diselenggarakan tiap tahun tersebut dalam rangka membina, memotivasi, dan memberikan apresiasi kepada kelompok ternak yang menerapkan sistem agribisnis peternakan dalam usaha ternaknya.

Penilaian lomba sendiri ditujukan kepada  Kelompok ternak Unggas Subur Makmur, penilaian dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Tim penilai dari Dinas peternakan  dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa Timur,  dan  tim penilai dari Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa Timur.

Sambutan selamat datang kepada tim penilai lomba disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Pasuruan Diana Lukita Rahayu, Forkopimcam Gempol, Kepala desa Randupitu dan semua anggota Kelompok ternak Unggas Subur Makmur.

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu mengatakan,  program ini bertujuan untuk memotivasi dan membina peternak  agar meningkatkan produksi dan produktivitas ternaknya meningkat, dengan begitu kesejahteraan peternak juga meningkat.


"Ini menjadi ajang untuk memotivasi kelompok peternak dengan cara memotivasi dan membina. Selain itu, dapat menciptakan bibit ternak yang unggul, juga untuk mendukung produk peternakan ASUH (Aman Sehat Unggul Halal)," Kata Rahayu.

Lebih lanjut Diana Lukita Rahayu menyampaikan, " Kita mendorong agar peternak tidak hanya melakukan budi daya tetapi sudah berorientasi bisnis. Banyak faktor penunjang penilaian yang di hasilkan oleh Kelompok ternak Unggas Subur Makmur . " Tambahnya.

Berbagai macam prodak olahan mulai dari Hulu sampai Hilir yang di Hasilkan oleh Kelompok aTernak Unggas Subur Makmur, seperti Jual bebek olahan daging bebek antara lain Rica-rica bebek, Bebek Ungkep, Daging Bebek Segar, dan Olahan Telur bebek yang terdiri Telur asin oven, Telur asin asap, telur asin original, sekaligus olahan yang lain , Bakso tahu, nugget bebek, tempura bebek dan kerupuk bebek.

Keunggulan lainnya dari kelompok Ternak Subur Makmur, antara lain sistem pemeliharaan ternak yang sudah terintegrasi dengan pertanian dan perkebunan, pengolahan pupuk organik terpadu sehingga dampak negatif dari kotoran bisa diminimalisir, kerja sama dengan pihak lain dalam pemasaran bibit ternak, telur ayam serta pupuk organik, penerapan teknologi manajemen meningkatkan kemudahan dalam pengawasan, fasilitas dan sarana kesehatan sudah dapat disediakan oleh kelompok secara swadaya, penyediaan pakan. (Fii/IM/Yus)