Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapolda Jatim Layani Masyarakat dan Pastikan Prokes di Tempat Wisata

Bagikan Masker ke Pengunjung KBS dan Beri Bantuan Logistik ke Anggota Pospam
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bagikan masker ke pengunjung KBS (Foto : Yudha)

Surabaya, Pojok Kiri
Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta turun langsung ke sejumlah tempat wisata di Surabaya, Selasa (3/5/2022). 

Kali ini Nico, panggilan karibnya, yang didampingi jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menyambangi Kebun Binatang Surabaya (KBS) sekitar pukul 10.30 WIB. Rombongan petinggi kepolisian ini disambut langsung oleh Direktur Utama KBS Khoirul Anwar dan Direksi.

Jenderal Polisi bintang dua ini berkeliling KBS dan menunjukkan sifat humanis dengan menyapa sekaligus berdialog dengan pengunjung Kebun Binatang tertua di Indonesia ini. 

Tak lupa, Nico membagikan masker kepada pengunjung KBS. Mayoritas pengunjung KBS yang tidak mengenakan masker adalah anak-anak dan balita.

Seusai berkeliling KBS, Nico kepada awak media menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke KBS untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang mendatangi tempat wisata.

“Saya dengan PJU Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya bersama-sama dengan Direksi dan pengelola KBS ini memastikan bahwa pelayanan kepada pengunjung dapat dilaksanakan dengan baik,” jelasnya. 

Salah satunya kata Nico yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker dan menjaga jarak. Kemudian lanjut Nico, pihaknya juga memastikan kapasitas pengunjung KBS.

“Informasi yang didapatkan saat ini pengunjung KBS sekitar 1.500 yang nanti diperkirakan meningkat di hari Sabtu dan Minggu ini,” bebernya. 

Nico mengatakan pihaknya telah menempatkan beberapa anggota, baik bertugas untuk pengaturan lalulintas, penjagaan dan pengawalan. Harapannya menurut Nico, masyarakat yang mengunjungi KBS merasa senang, sehat dan selamat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang dari pengamatan kami memiliki kesadaran yang sangat baik terkait pelaksaan prokes, salah satunya memakai masker,” ungkapnya.

Anggota TNI yang bertugas di Pospam KBS mendapat bantuan logistik dari Irjen Pol Nico Afinta (Foto : Yudha)

Lebih lanjut Nico berharap ini dapat dilaksanakan tidak hanya di KBS, tetapi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

“Karena itu menjadi bagian penting didalam menjaga diri sendiri dan orang lain,” pesannya.

Ia juga mengucapkan syukur karena Jatim sampai sekarang ini untuk penyebaran dan kasus aktif COVID-19 paling rendah dibandingkan dengan Provinsi lain.

“Ini berkat partisipasi masyarakat yang luar biasa,” ujarnya dengan wajah sumringah.

Nico memastikan Polda Jatim bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jatim dan stakeholder (pemangku kebijakan) terkait siap mendukung dan melaksanakan prokes sehingga masyarakat aman terjaga.

Di wilayah Jatim papar Nico, terdapat beberapa titik yang menjadi atensi, pertama di Kota Surabaya sebagai ibukota Provinsi juga ada Kenjeran, Taman Bungkul dan pusat perbelanjaan.

Lantas sambung Nico ada di Kota Batu, Probolinggo (Gunung Bromo), Banyuwangi (Kawan Ijen) dan Situbondo (Pasir Putih), Magetan (Telaga Sarangan) dan beberapa tempat wisata lainnya yang terkait dengan budaya cagar alam.

Untuk personel yang disiagakan menurut Nico berjumlah 13.00 ribu gabungan TNI-Polri di seluruh wilayah Jatim didukung stakeholder.

“Ada juga dari Satpol PP, Pramuka dan Senkom yang melaksanakan pengamanan. Tujuannya agar masyarakat dapat dilayani dengan baik,” pungkasnya. 

Sebelum meninggalkan KBS, Nico mengunjungi Pos Pengamanan (Pospam) yang berlokasi di depan KBS. Ia menyerahkan bantuan logistik kepada personel TNI-Polri dan Pramuka yang sedang bertugas di Pospam tersebut. (Yud)