Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kebakaran Tunjungan Plaza Diduga Karena Kompor Meleduk 

Polisi : Kami Masih Selidiki 
Tunjungan Plaza di lantai atas terbakar

Surabaya, Pojok Kiri 
Tunjungan Plaza (TP) Surabaya kebakaran selepas buka puasa sekitar pukul 17.40 WIB, Rabu (13/4/2022). Si jago merah tampak menggeliat di gedung tingkat atas antara SOGO dan Four Points. Para pengunjung salah satu mal terbesar di Surabaya tersebut pun terlihat tunggang langgang menyelamatkan diri.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya dikabarkan telah mengirim 10 unit mobil pemadam kebakaran serta 3 unit broto skylift.
Dampak dari kebakaran tersebut, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang sampai Jalan Tunjungan menjadi macet lantaran sebagian besar pengguna jalan berhenti untuk melihat kebakaran.
Sejumlah personel aparat seperti polisi, TNI, Satpol PP, Linmas dan pemadam kebakaran pun telah berada di TKP TP Surabaya yang kebakaran. 
Diduga karena Kompor Meleduk. Salah satu pengunjung Tunjungan Plaza, mengatakan ia mendengar dentuman seperti kompor sebelum terjadi kebakaran. 

"Kayaknya karena kompor meleduk mas. Itu kan di resto mas," Kata Siska salah satu pengunjung. 
Namun, Siska tidak mengetahui pasti penyebab kebakwran, sebab ia langsung melarikan diri begitu mendengar alarm kebakaran berbunyi. 

"Saya gak tau pastinya karena begitu banyak asap, terdengar alarm saya langsung lari menyelamatkan diri," tambah Siksa. 

Sementara itu, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan berbeda. Api berasal dari parkiran The Peaks lantai delapan Tunjungan Plaza 5 Surabaya, bukan dari resto. Namun, ia masih belum  diketahui pasti penyebab munculnya api di parkiran mobil tersebut.

"Informasi awal, api berkobar di parkiran lantai delapan TP 5. Kami masih belum dapat menyimpulkan penyebab api dari mana. Kami masih selidiki lagi," kata  Hartoyo, di lokasi kejadian, Rabu (13/4/2022).

petugas menggunakan bronto untuk memadamkan api di lantai atas

Mengenai adanya korban jiwa, Hartoyo menambahkan jika tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian materil masoh dalam proses pendataan. 
"Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa. Namun untuk kerugian materiil masih proses pendataan. Selain itu, lokasi ini juga cukup jauh dari tenan yang ada di dalam mall," bebernya.
Hartoyo juga mengapresiasi petugas pemadam kebajaran yang cepat mengatasi api agar tak merembet lebih besar. Petugas gabungan dari kepolisian, PMK dan satpol PP kota Surabaya dibantu petugas keamanan internal mall berusaha mengevakuasi mobil yang ada di parkiran tersebut.

"Sekitar 15 menit api pokok padam. Petugas benar-benar bekerja sangat baik. Api Nggak sampai membesar, " tandasnya.

Sampai pukul 18.37 WIB terpantau ada sepuluh unit pemadam kebakaran ditambah dua unit Bronto Skylift yang masih melakukan pembasahan di lokasi.

Sedangkan menurut Dedik  Irianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran saat itu berada di lokasi kejadian mengatakan, asap mengepul paling parah ada di lantai 12,5,10,dan 4. “Saya curiga sumbernya ada di Restoran. Tapi pastinya biar nanti jawabanya dari labfor Polda “ujarnya. (Jem)