Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sukseskan Ketahanan Pangan, Pemdes Carat Bangun Tiga Sarana






Pasuruan Pojok Kiri
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat mengganggu seluruh sektor dalam kehidupan masyarakat, termasuk salah satu yang paling strategis, yaitu ketahanan pangan.Merujuk Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2921 tentang rincian APBN tahun 2022, Pemdes Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Selasa (29/03/2022) merealisasikan  dana desa yang di gunakan untuk  program ketahanan pangan.

Pemerintah Desa Carat mempunyai peran yang signifikan dalam menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi, sebagai bentuk respon tersebut pemdes Carat memanfaatkan lahan kosong di area balai desa, sebagai pilot project atau proyek percontohan diawal program ketahanan pangan di Lahan kosong belakang balai desa Carat. Supaya lebih fokus, sambil mempertimbangkan potensi yang dimiliki desa, memperhatikan system sosial dan budaya  desa, serta kebijakan yang berdasar pada kebutuhan warga desa, dan data riil di lapangan. Nantinya keberhasilan program ketahanan pangan akan di usung di semua tingkatan dusun atau lingkungan.






Kepala Desa Carat Edi Santoso saat di temui Pojok Kiri diruang kerjanya, di lanjut survey lokasi lahan  pembangunan mengungkapkan, 
" Karena ini program yang baru di canangkan oleh pemerintah pusat, supaya berhasil dan gampang pengawasannya secara maksimal, program ketahanan pangan ini kami bangun di sini dulu, kedepan akan kita anggarkan di tempat - tempat lain." Ungkapnya.

Disinggung langkah kongkrit apa yang akan di lakukan Pemdes Carat , Edy Santoso Menjelaskan bahwa, pemdes Carat dalam  penguatan ketahanan pangan  Salah satunya adalah mewujudkan  melalui kegiatan pengembangan usaha pertanian dengan Hidroponik, peternakan dengan 30 pembiakan dan penggemukan kambing, Untuk Perikanan dengan melakukan budidaya ikan lele." Pungkasnya.(Fii)