Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Perkuat Ketahanan Pangan, Kelompok Wanita Unggul Desa Karang Rejo Dapatkan Pelatihan Hidroponik



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa Karangrejo kecamatan Gempol, kabupaten Pasuruan dalam upaya perkuat Ketahanan Pangan desanya, sebelum menjalankan program pertanian dengan menanam secara Hidroponik, Kelompok Wanita Unggul (KWU) desa Karangrejo mendapatkan pelatihan Hidroponik, Rabo, (30/03/2022).

Ditengah pandemi Covid-19 dengan segala kebijakan menuntut warga masyarakat untuk di ajak melakukan aktivitas.Observasi awal pemdes Karangrejo kepada masyarakatnya bahwa mayoritas waktu luang, lahan disekitar rumah belum dioptimalkan, wawasan hidroponik masih minim, masyarakat suka bercocok tanam didepan rumah dengan media tanah menggunakan botol bekas maupun polybag.

Untuk Itu melalui program ketahanan pangan pemdes Karangrejo memulai kegiatannya di lahan kosong belakang balaidesa. Untuk bisa berjalannya kegiatan itu Kelompok Wanita Unggul yang akan menangani kegiatan secara hidroponik mendapatkan pelatihan hidroponik. 




Subyek utama dalam pelatihan hidroponik yaitu ibu-ibu Kelompok Wanita Unggul (KWU) desa Karangrejo.  Nara Sumber dari dinas pertanian ,hal ini dilakukan untuk memberikan ilmu bercocok tanam dengan sistem hidroponik secara baik dan benar. Kelompok wanita Unggul desa Karang rejo beranggotakan 20 orang dan sebagai koordinator pelaksana H Muji Sentoso. 

Kades Karangrejo dalam sambutannya menyampaikan, "Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan wawasan mengenai hidroponik. Targetnya kegiatan ini yaitu meningkatkan wawasan dan skills ibu-ibu KWU dalam mengelola program ketahanan pangan di bidang pertanian desa Karangrejo " Ungkap Zainul.

Metode yang digunakan yaitu survei dan demonstrasi. Pelaksanaan dilakukan secara langsung kepada Kelompok Wanita Unggul di balai desa Karangrejo, dengan mendatangkan perwakilan ibu-ibu KWU dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan pelatihan hidroponik dapat membantu ibu-ibu KWU dalam upaya memberikan inovasi baru guna menyuplai pangan dilingkungan rumah yang inovatif dan memperindah halaman rumah.(Fii)