Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Rumah Warga Perumahan Melik'an Permai Kejapanan Terbakar Diduga Akibat Lilin Sambar Selang Gas Elpiji


Petugas pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Sidoarjo sedang melakukan identifikasi terhadap bagian dapur rumah Erwin yang terbakar di perumahan Meli'an Permai Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jum'at ( 4/2/2022) Siang.

Pasuruan, Pojok Kiri
Kebakaran terjadi di dapur rumah Imelia, Perumahan Meli'an Permai No. 30 Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan Jum'at (4/2/2022) siang.

Kasun Meli'an Fauzi saat dikonfirmasi wartawan Pojok Kiri di lokasi mengatakan bahwa " Kejadian kebakaran Rumah No 30 yang di huni suami Istri Erwin dan Imelia terjadi sekitar pukul 10.00WIB. Kebakaran diduga akibat adanya Lilin menyambar kebocoran pada selang gas elpiji.

Saat itu, Penghuni rumah sedang bekerja, Tiba-tiba, tetangga rumah melihat kepulan asap membumbung tinggi, posisi panik mereka melihat kobaran api warga berusaha memadamkannya dengan alat pemadam api apa adanya dan mengontak petugas pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Sidoarjo yang berkantor di dekat Pasar Porong.

"Laporan dari orang-orang sekitar yang melihat kejadian, berawal dari api yang muncul di ruang dapur, melihat kepulan asap dan api yang membumbung tinggi, segera warga menginformasikan kejadian tersebut ke petugas pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Sidoarjo, karena yang terdekat dengan lokasi kejadian kebakaran. " Kata Fauzi.

Tak lama berselang, sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi dengan 10 personel.

Sekitar 20 menit kemudian, pada pukul 10.40 WIB, api dapat dipadamkan.


"Yang terdampak terbakar bagian dapur terbuka, dan api sempat mengarah ke atas mengenai plafon dari kayu juga tetapi karena bangunan sudah beton kemungkinan menjalar ke semuanya tidak ada, petugas kami juga faham mana mana saja yang didahulukan untuk di padamkan supaya tidak menjalar ke rumah sebelah, " ujar Komandan Regu, Sahlil.

Satu tabung gas elpiji dan perabotan rumah masih bisa diselamatkan dari kejadian itu.

Mendapatkan informasi tetangga bahwa rumah yang ia tinggali terbakar, Imelia pulang kerja, menjumpai warga, Babinsa, Bhabinkamtibmas, petugas Damkar melakukan evakuasi rumah yang ia sewa.

Ditanya terkait sebelum ia berangkat kerja, antisipasi apa yang sudah ia lakukan. " Seingat saya semua lampu listrik, dan elpiji sudah aku padamkan. " Kata Imelia

Namun menurut keterangan Komandan Regu Damkar, Saat Imelia saya tanya kronologi, sebelum berangkat kerja dia menyalakan apa, Imelda mengatakan, " Bahwa di dapur itu banyak lalat sama nyamuk, sehingga saya nyalakan Lilin, " Pungkasnya.

Dari kejadian kebakaran tersebut diperkirakan mengalami kerugian kurang lebih Rp.100juta.(Fii/Tom)