Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Ekonomi Desa, Toko PKK BUMDes Ngerong Diresmikan




Pasuruan, Pojok Kiri
BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Sesuai Regulasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa, pemerintah Desa Ngerong, Rabo (3/11/2021) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) meresmikan Toko PKK di Gedung Batik Dusun Karang Ploso, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Area Pemerintahan Desa Ngerong Kedepan.

Toko ini tujuannya untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi desa, khususnya perangkat. Hal ini di ungkapkan kepala desa Ngerong H. Sadiman. "Ada empat tujuan didirikannya BUMDes, Meningkatkan perekonomian desa, Meningkatkan pendapatan Asli Desa, Meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadikan tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, "Jelasnya.

Hadir dalam peresmian tersebut Kades Ngerong, Sekdes Ngerong, Kader PKK, Kader Posyandu, Kawil, perangkat desa dan tamu undangan lain.




H. Jemik Sadiman mengungkapkan toko PKK merupakan bagian dari Unit Usaha BUMDes yang melaksanakan kegiatan bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum berbadan hukum yang melaksanakan fungsi dan tujuan BUM Desa dan sekaligus sebagai perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa, caranya koorporatuf, partisipatif, emansiparif, transparansi, akuntabel dan suetanibel. Hal ini kita mulai supaya Perangkat, Kawil berbelanja kebutuhan rumah tangga di Toko PKK minimal Rp. 100ribu per Bulan.

Berkat reward Nasabah terbaik Kades Ngerong H. Jemik Sadiman, Unit Usaha BUMDes Toko PKK desa Ngerong dapat program fasilitas dari Bank Jatim yang nantinya bisa melayani transaksi yaitu Laku Pandai BUMDes dari bank jatim seperti Setor tarik tunai, tranfer, pembelian token listrik / pulsa, pembayaran tagihan PKB / PBB dan pembayaran BPJS.

"Saya apresiasi program Bank Jatim tersebut, karena dengan adanya program tersebut di Toko PKK desa Ngerong pembayarannya bisa langsung,  tidak harus ke bank. Jadi masyarakat yang mungkin posisinya jauh dari bank Jatim bisa ke Toko PKK unit BUMDes Ngerong, sehingga warga dalam transaksi perbankan lebih dekat mudah dan bisa terlayani dengan baik. " Ungkap H. Jemik Sadiman kades Ngerong.




H. Jemik Sadiman juga berharap pengelolaan Toko PKK BUMDes di harapkan mampu meningkatkan perekonomian perangkat dan masyarakat, karena sebelum Louncing pengurus BUMDes, SDM kita siapkan dan kita tata dengan menyiapkan unit - unit usahanya dulu, seperti Toko PKK, KUB pengelolaan ikan patin, lapangan futsal, sebelum modal kita kucurkan. "Tambahnya.

"Konsep Ekonomi Kerakyatan yaitu pembentukan ekonomi bukan dari desa kekota, melainkan harus mengembangkan dari desa kekota, "Pungkas H. Sadiman. (Fii)