Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Pasuruan Gelar Upacara Virtual Dipimpin Presiden RI. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila



Pasuruan, Pojok Kiri.
Meskipun digelar secara virtual, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan tetap berlangsung dengan khidmat. Bertempat di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, seremonial gelar pasukan dimulai tepat pukul 8 pagi tadi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo yang memimpin upacara dari Monumen Pancasila Sakti, Jl Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Hadir dalam upacara, Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron, Asisten Pemerintahan dan Kesra Rachmat Syarifuddin serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Berikut jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, diantaranya Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendi, perwakilan dari Kodim 0819 Pasuruan, Kapten Inf. Yusim dan perwakilan dari Pengadilan Negeri Bangil.
Pantauan dari lokasi, upacara virtual yang juga disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden tersebut berjalan secara sederhana tanpa kehilangan esensi dan makna dengan peserta minimalis karena masih dalam suasana pandemi.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Baik pengunaan masker oleh seluruh peserta juga menjaga jarak, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin. Memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema bertema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila" dari podium.

Sebelum pembacaan teks Pancasila, Presiden Jokowi  memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur. Ketua DPD Republik Indonesia La Nyalla Mahmud Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila, dilanjutkan pembacaan naskah UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Rangkaian upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Ony/Eka).