Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemdes Bulusari Gelar Musdes Penetapan RKPDes Tahun 2022, Berharap Realisasi Pasar Desa




Pasuruan, Pojok Kiri
Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022 Pemerintah Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes), selasa (28/9/ 2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Gempol Taufiqul Ghoni, Kades Siti Nurhayati, Ketua BPD Subhan beserta Anggota, Sekdes Arie Setiawan, Kawil, Pendamping Kecamatan Eko dan kasi PMD Wanto.

Tujuan dari penyusunan RKPDes ini adalah terwujudnya perencanaan desa dalam usaha mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa. Dan tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien, efektif dan ekonomis dalam pembangunan desa menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

"Alkhamdulillah dari semua usulan sudah di bahas dan sudah di tetapkan, dan Alkhamdulillah juga di tahun ini ada beberapa yang sudah dan akan terealisasi seperti MCK di Pojok lapangan Bulusari, TPT yang di dusun Kedumungal, dan Gorong gorong di dusun Pakem dalam waktu dekat ini. " Ungkap Ibu  Kades Bulusari Siti Nurhayati.

BUMDes adalah  investasi penting bagi desa untuk dapat terus menerus meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Fungsi BUMDes adalah konsolidasi dan pemasaran produk desa. Menurutnya, pengembangan BUMDes menjadi salah satu upaya penting dalam rangka rebound ekonomi desa, besar harapan pemerintah desa Bulusari direalisasinya pembangunan pasar desa, menurutnya apabila sampai terealisasi,  PADes  bisa meningkat.

"Saya berharap usulan saya terkait pasar desa bisa di setujui oleh Bupati, prestasi Pajak Sudah kami  upayakan, karena salahsatu yang bisa meningkatkan PADes Bulusari yaa pasar desa, saat ini PADes Bulusari masih  minim. " Keluh Nurhayati.




Pada kesempatan yang sama pendamping desa dari Kecamatan, Eko memaparkan, Bahwa ada tiga fokus anggaran Dana Desa  mulai tahun 2021, meliputi  pemulihan ekonomi nasional (PEN), program prioritas nasional, Terakhir ialah adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19.

"Target- target kita, ada desa tanpa kemiskinan, kelaparan, keterlibatan perempuan, air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi desa yang merata," Ungkap Eko.

Camat Gempol Taufiqul Ghoni juga  menyampaikan dalam sambutannya, "Musyawarah RKPDesa atau rencana kerja pemerintah desa merupakan agenda tahunan yang harus dilaksanakan pemerintah desa sesuai regulasi. "Apa yang di sampaikan Ibu Kades, sudah masuk skala prioritas, sesuaikan skala prioritas tersebut dengan anggaran, untuk tercapainya desa Bulusari yang sejahtera. "Ungkapnya.

" Untuk bisa tercapainya desa Bulusari yang sejahtera, peran Ibu Kades sangat dibutuhkan dalam menaikkan harga jual desa Bulusari,   Selamat mengikuti Penetapan RKPDesa, " Tambah Ghoni. (fii)