Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Musrenbang Desa Winong Tahun 2022 -2023, Prioritaskan Pembangunan Non Fisik




 Pasuruan, Pojok Kiri
Serap aspirasi masyarakat, Desa Winong menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ( mursenbangDes ) Desa Winong, dengan tema ”Nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan. ” berlangsung di Pendopo Desa Winong , Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Rabo(1/1/2021).

MusrenbangDes Winong yang di hadiri Anggota DPRD kab pasuruan   Nick Sugiarti, Tenaga ahli P3MD kab pasuruan Achmat Hidayat, Camat Taufiqul Ghoni,  Kapolsek Kompol Kamran, Ndanramil Kapten Inf Edi Suryanto, Kasipem Wanto, Pendamping Kecamatan Eko, Kades Suyanto, Sekdes Muanam, Babinsa Serda Dadang G, Bhabinkamtibmas Bripka Heri Susanto, BPD Misron, LPM H. Ansori, Bundes Sutresno, Kader PKK Tutik Hariyani, Kader Posyandu Asih Wahyuni, PKM, Lembaga pendidik Suwito, Karang taruna  Almuhqtadir, Tokoh masyarakat 
Tokoh Agama ust. Mathudi, RT, RW
UKM Asih Wahyuni, Bidan Agustin Rizka Pratama Serta jajaran perangkat Desa, berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.




Tujuan di laksanakannya musrenbangdes hari ini adalah untuk menyerap aspirasi dan usulan warga terkait pembangunan wilayah sekaligus merupakan   agenda tahunan  dalam rangka menyusun rencana kegiatan pembangunan desa (RKPDes) tahun 2022 dan menyusun rencana kegiatan pembangunan daerah kabupaten Pasuruan (RKPD) tahun 2023 di wilayah desa winong, dengan tetap memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM DES) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten pasuruan.

" Dalam menggali aspirasi kebutuhan prioritas, mendasar dan  mendesak masyarakat kami sudah lakukan proses musdus  ditujuh dusun, hasilnya kami tuangkan dalam  daftar usulan untuk dijadikan bahan diskusi pada forum musrenbangdes siang hari ini. "Ungkap Yanto.

Berdasarkan dari beberapa pergeseran yg kami sampaikn tersebut di atas. Maka RKPDes Winong 2022 dan RKPD kabupaten Pasuruan 2023 memprioritaskan permasalahan sampah, pengembangan produk unggulan, peningkatan ketahanan pangan dan penanganan stunting.

" Selain ke 4 skala prioritas tersebut desa Winong akan selalu hadir dalam peningkatan kesehatan, pendidikan, keagamaan , kewirausahaan, kepemudaan dan olahraga, kelompok perempuan, penanganan Pandemi, penanganan bencana dan yang terakhir. Yang menjadi prioritas utama kami, dalam penggunaan anggaran dana desa sesuai dengan permendes nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022, sebagai sedikit penolong masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid 19. " Ungkap Yanto.




Disela sela acara Musrembang kades Winong di saksikan oleh semua peserta musrembang, Forkopimcam, DPRD Nick Sugiarti, memberikan penghargaan kepada dusun Winong yang telah lunas pajak dan sekaligus  melaunching peluncuran Prodak Unggulan hasil dari  kelompok usaha binaan desa winong, diwakili ketua UKM, Asih Wahyuni.

Lebih lanjut kades Winong, " Untuk menolong perekonomian atau bisa mempunyai nilai tambah maka kami mengembangan produk unggulan dengan membuka tempat tempat terjadinya transaksi perekonomian, pengembangan BUMDES dan kelompok2 usaha binaan desa winong, " Lanjutnya.

Acara Musrenbangdes di buka oleh Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Nick Sugiarti ST. Dari Fraksi Golkar, sekaligus juga berpesan, " Kalau bisa Musrenbangdes ini diprioritaskan pembangunan non fisik, lebih di bidang perekonomian dan sosial, perkuat ekonomi, tetap jaga protkes Covit 19, Selamat melaksanakan Musrenbang. " Pesan Nick Sugiarti.

Harapan kami desa Winong akan meluncurkan beberapa hasil kesepakatan dan kemufakatan diantaranya, daftar skala prioritas kegiatan yang dilaksanakan sendiri oleh desa melalui APBDes dan daftar skala prioritas kegiatan yang di usulkan ke kecamatan yang dibiayai melalui APBD kabupaten atau APBD propinsi, Dana dekonsentrasi maupun pos pembantuan dari APBN."Ujarnya.(Fii/Ron)