Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cegah BAB Sembarangan, Bangun Ratusan Jamban




Pasuruan, pojok kiri
Pemkab Pasuruan terus berusaha untuk menciptakan kawasan dan lingkungan sehat. Salah satunya, dengan menggalakkan program jambanisasi.

Program tersebut ditujukan, agar masyarakat tidak buang air sembarangan. Sehingga, target Open Defection Free (ODF) bisa tercapai. Kepala Bidang Pengembangan Air Bersih dan Limbah Linkungan Permukiman Dinas PU Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, Ichwan Adi menjelaskan, program jambanisasi sudah digalakkan sejak 2016. Ribuan jamban telah dibangun dan dinikmati warga Kabupaten Pasuruan.

Ia mengaku, masih banyak masyarakat yang membutuhkan jamban. Sehingga, Pemkab pun berusaha untuk memenuhinya. “Supaya, lingkungan kehidupan masyarakat bisa lebih sehat,” ujar dia mendampingi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto.

Karena itulah, Pemkab Pasuruan juga merealisasikan program jambanisasi tersebut tahun ini. Sebanyak 830 jamban akan dibangun. Untuk merealisasikannya, dana Rp 1,4 miliar disiapkan.




Proses pembangunan jambanisasi itu sedang dilangsungkan. Sebagian sudah dibangun. Sebagian lainnya, masih proses dan menunggu lelang.

Menurutnya, agar terlaksana dengan baik, Pemkab Pasuruan akan melibatkan desa. Pemkab, menyediakan material. Sementara, tenaga untuk melaksanakan pembangunan, dari pemerintah desa.

“Kami bangun sinergitas dengan pemerintah desa. Demi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana sanitasi yang memadai,” pungkas dia.(Yus)