Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Musrenbang RKPDes Tahun 2022, Desa Ngerong Prioritaskan 4 Usulan



 
Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa Ngerong , Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan usulan program Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 bertempat di Pendopo Balaidesa, rabo (25/8/21).

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, Musrenbangcam dan Musrenbangkab dan lolos masuk  E-Playning.

Hadir dalam kesempatan tersebut, DPRD Kab. Pasuruan  fraksi PKB  H.Samsul Hidayat, Camat Taufiqul Ghoni, Kepala desa H. Sadiman, Sekdes Achmad Abdi Dhikry, BPD Misnadi matal ginoto, PKK dan Kader Podyandu Hj. DewiI Kolifah, Kader pembangunan manusia (KPM) Fidaningsih, Bumdes, Karangtaruna, LPM, Pendamping desa, Pendamping kecamatan Eko, Babinsa Sertu Jabir, Babinkantibmas Bripka Akhmad Soim, Tokoh Masyarakat, Pendidikan, tokoh agama serta tamu undangan lainnya.

Kepala Desa (Kades) Ngerong, Sadiman, mengatakan bahwa kegiatan musrenbangdes tersebut dilakukan secara terbatas karena masih masa pandemi Covid-19, dan tetap melaksanakan prokes. Kegiatan musrenbangdes tersebut, lanjut ia, untuk mensinkronkan usulan-usulan program kegiatan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan masyarakat.




“Alhamdulillah, meski dalam situasi Pandemi desa Ngerong bisa berupaya mencari bantuan - bantuan mulai Pemkab, pemprof dan pusat, total kita mendapat Rp. 2milyar 657juta tahun 2021 dan sudah terealisasi, selain itu juga ada dari Swadaya masing masing dusun, mohon doa restu bantuan dan dukungan masyarakat di tahun 2022 - 2023 pemerintah desa Ngerong memprioritaskan Relokasi balai desa, saat ini sudah 40% , untuk nilai ekonomi Bumdes sudah punya lapangan Futsal, Teknologi Recycling Sampah (TPS3R) di dusun Payaman,  belum lagi KUB yang punya 2 program pertanian Hidroponik dan olahan ikan patin,  terakhir program Stanting juga masuk skala prioritas, "Ungkap Sadiman.

Selanjutnya Samsul Hidayat dari fraksi PKB  yang di undang dalam acara Musrenbangdes sebagai Narasumber, menyampaikan dalam sambutannya, "Perlu saya sampaikan, banyak orang yang tidak faham sampai sampai mengatakan kalau di Musrenbangdes itu tidak ada gunanya, padahal mulai tahun 2020 letak terealisasinya pembangunan didesa itu harus  mulai musdus lanjut musrenbangdes, musrenbangcam, musrenbangkab, selanjutnya di bawa ke forum OPD, untuk di masukkan kedalam E-Playning sampai RKA di bawa dalam rapat DPRD untuk di setujui, "Ungkapnya 

Setelah Samsul Hidayat memaparkan proses Musrenbang yang  harus dilalui, Camat Gempol Taufiqul Ghoni membuka berlangsungnya acara Musrenbang.

"Saya apresiasi dan menambahi apa yang di sampaikan Cak Samsul,  terima kasih guyub rukunnya warga desa Ngerong, sehingga pelaksanaan musrenbangdes berjalan dengan aman dan akomudir. " Ungkap Taufiqul Ghoni. (Fii/Ron)