Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemandian Alam Umbulan Sudah Ditutup




Pasuruan, Pojok Kiri.
Pemandian alam Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, sudah ditutup, penutupan ini dilakukan, lantaran air di pemandian Umbulan mengandung bakteri E-Coli yang berbahaya bagi tubuh manusia, kepala UPT PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Wilayah Sungai Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani mengatakan, penutupan pemandian alam ini dilakukan sejak senin (07/06/2021), di mana para PKL (Pedagang kaki lima) yang berada di area dalam pemandian, kini sudah direlokasi dan mau pindah ke Umbulan Park yang berada di atas sumber air umbulan.

“Alhamdulillah, ada sekitar 15 PKL yang sebelumnya berada di area dalam pemandian, kini sudah mau direlokasi ke tempat yang baru,” kata Novita saat ditemui di ruangannya, Kamis (10/06/2021).

Dijelaskannya, ditemukannya bakteri e-coli pada air umbulan tak lain berasal dari kegiatan manusia, mulai dari mencuci, mandi, berenang atau bahkan sampai mencuci karpet.
Temuan ini sebenarnya sudah cukup lama. Hanya saja, lantaran kualitas air umbulan semakin berkurang hingga di bawah standart air baku, maka sumber mata air umbulan harus kembali disterilkan.

“Istilahnya kandungan bakteri e-coli nya cukup tinggi. Bakteri ini bahaya kalau sampai masuk tubuh. Bisa muntah, diare atau bahkan menimbulkan gejala yang cukup berbahaya,”jelasnya.

Sebagai gantinya pasca penutupan, Pemandian alam Umbulan ini akan dibuat sebagai wisata edukasi. Novi menilai, suasana dan lokasi sekitar pemandian Umbulan sudah cukup mendukung.

“Sementara kita tutup total sampai ada SOP wisata edukasi itu. Ini kan kita masih berbenah dulu,” imbuh Novi.
Lebih lanjut Novi menegaskan bahwa para PKL direlokasi ke Umbulan Park yang bisa menjadi jujukan wisata para warga yang hobi berenang. Lokasi tersebut berada di atas Sumber Umbulan dan bisa langsung dikunjungi oleh siapa saja yang ingin berekreasi ke sana.

“Kami berterima kasih pada Muspika Kecamatan Winongan yang juga ikut membantu, sehingga para pengunjung bisa diarahkan menuju Umbulan Park,” imbuhnya.

Dengan ditutupnya pemandian Umbulan ini, maka tak boleh lagi ada yang mandi di pemandian utama.
“Nanti akan disterilkan semuanya. Yang boleh dipakai mandi kolam kecil di bawah,” tutupnya. (Ony/mil).