Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Targetkan Kenaikan PAD Dari Retribusi PBG




PASURUAN, pojok kiri.Pemerintah Kabupaten Pasuruan menargetkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Setidaknya, ada kenaikan Rp 1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto menjelaskan, potensi penerimaan retribusi PBG di Kabupaten Pasuruan memang tinggi. Hal ini seiring dengan geliat pembangunan yang terjadi.

Karenanya, target PAD dari PBG ditingkatkannya. Sebelumnya, target PAD dari retribusi PBG hanya diancang-ancang Rp 4 miliar. Namun tahun ini, ditargetkan bisa tembus Rp 5 miliar.

"Ada kenaikan target PAD dari PBG Rp 1 miliar dibandingkan tahun lalu," jelasnya.  

Kenaikan target itu, juga mengacu pada grafik penerimaan PAD beberapa tahun terakhir. Pada tahun terakhir penerapan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) 2021 lalu, realisasi PAD yang didapat senilai Rp 1 miliar. Seiring diterapkannya PBG, realisasi PAD dari sektor itu melonjak sekitar Rp 1 miliar setiap tahun.

"Kami optimistis, target tersebut dapat tercapai dengan berbagai upaya yang dilakukan. Seperti intensifikasi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang PBG, serta optimalisasi pelayanan permohonan PBG," sampainya.(In/yus)