Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal Di DPRD Kabupaten Pasuruan



PASURUAN, pojok kiri.Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan menggelar khitanan massal yang di gelar halaman belakang pada, Senin (4/12/23) pagi.

Khitanan massal ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Camat, Kepala OPD, Kepala Desa dan termasuk Kepala Puskesmas serta 100 peserta khitan.

Moh. Ridwan selaku Sekwan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan khitanan massal ini untuk memberikan kemudahan dan khitan gratis bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan yang kurang mampu.


"Khitanan massal ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan yang kurang mampu, serta merupakan bentuk kedekatan DPRD dengan masyarakat. Target anak-anak yang di khitan berusia 6-12 tahun," ucapnya.

Dirinya juga menambahkan untuk peserta khitan massal saat ini berjumlah 100 anak.

"Jumlah peserta khitanan massal saat ini 100 anak yang di ambil dari berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan," tambah Sekwan.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan menyampaikan bahwa "Tahun ini kita mengkhitankan 100 anak, kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat serta untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah di Kabupaten Pasuruan, harapannya tercipta kerjasama yang sinergis antara pemerintah dan masyarakat,” ucap Mas Dion sapaan akrab Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.


Menurut Mas Dion, khitanan massal merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada warga yang membutuhkan. Dalam hal ini, fungsi khitan dari sisi agama adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Semoga setelah di khitan nanti anak-anak semakin sehat dan saleh. Khitan itu penting bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” katanya.

Sebelum mendengarkan tausiyah dari Ning Qurrota A'yunin, secara simbolis Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan; Sudiono Fauzan, Moh. Ridwan; Sekwan dan Eko Suryono; anggota DPRD Kabupaten Pasuruan memberikan Cindera mata kepada perwakilan peserta khitan.

Terpisah, Rifki yang berusia 4 tahun putra dari Ida Mujiati warga Desa Sumberanyar Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan sangat menikmati dirinya di khitan. Tanpa ada keluhan, meskipun usianya masih belia, Rifki punya jiwa yang tatak dan penuh semangat.

Ida menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur dengan adanya Khitanan Massal yang digelar DPRD Kabupaten Pasuruan.

"Alhamdulillah mas, saya sangat bersyukur bisa mengkhitankan anak saya dengan gratis," pungkasnya. (rul/yus)