Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

4499 Petugas Pantarlih Pemilu 2024 serentak di Lantik


Pasuruan, Pojok Kiri
Pengambilan Sumpah Janji Petugas Pemutakiran Data Pemilih (PANTARLIH)  pada Pemilu Serentak Tahun 2024, KPU  Kabupaten Pasuruan malalui PPK di masing masing Kecamatan pada Minggu ( 12/02/2023), untuk tempat proses pelantikan tidak di lakukan di gedung  atau kantor kecamatan tapi di ruang yang representative.

Suyatmin Komisioner KPU kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM yang di konfirmasi Pojok Kiri menjelaskan bahwa untuk pelantikan  petugas pantarlih di laksanakan serentak di masing masing kecamatan,kalau untuk  lokasi bisa di lakukan gedung kecamatan atau  ruang yang representative.

Iya menambahkan,total petugas Pantarlih di 24 Kecamatan yang di lantik sebanyak 4499 orang,jumlah tersebut sebanding lurus dengan TPS ( tempat pemungutan suara : red ) 

PPS merekrut anggota Pantarlih sebanyak 1 orang di setiap TPS di wilayah masing-masing. Di mana, anggota Pantarlih Pemilu 2024 direkrut sebagai perangkat penting dalam Pemilu serentak pada Februari 2024 dan anggota Pantarlih nantinya akan bekerja di lingkungan TPS.

Masa kerja anggota Pantarlih dimulai pada bekerja mulai  dari 12 Februari -11 April  2023. Masa kerja Pantarlih Pemilu 2024 memang terbilang singkat yakni kurang lebih 2 bulan," terangnya.

Sesuai namanya, Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) adalah orang yang bertugas untuk membantu Petugas Pemungutan Suara (PPS) dalam melakukan pemutakhiran data yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pantarlih Pemilu 2024 diciptakan untuk membantu KPU kabupaten-kota, PPK, dan PPS dalam penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih,melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS.

Dari pantaun  Pojok Kiri  Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan ada 350 petugas panterlih,merekadi ambil sumpah oleh PPK Kecamatan di lapangan Bulusari ,dalam proses pelantikan di hadiri  seluruh Kepala  Desa serta jajaran Muspika  Kecamatan “paska mereka di lantik  di lapangan Bulusari.

Kemudian Pantarlih akan menemui calon pemilih dari rumah kerumah untuk mencocokkan data pemilih yang ada dalam daftar pemilih dengan dokumen kependudukan yang dimiliki calon Pemilih KTP El/KK.

Kemudian, melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih serta memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih. Pantarlih harus door to door ke rumah warga dalam pencocokan data dengan sistem manual dan aplikasi e-coklit yang terbaru saat ini.

Setelah pelantikan ini Pantarlih akan melaksanakan Bimtek untuk mendukung kinerjanya nanti saat melaksanakan tugas di lapangan," ujar dia.
(Fii/Yus)