Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemdes Ngerong Telah Resmikan  Kolam Ikan dan Budidaya Ikan dalam Rangka Perkuat Ketahanan Pangan Desa



Pasuruan, Pojok Kiri
Upaya Yang ditempuh Pemerintah Desa (Pemdes) Ngerong  untuk meningkatkan produksi budidaya Ikan sebagai komitmen memenuhi ketahanan pangan desa, melakukan kegiatan pembuatan kolam ikan dan budidaya ikan oleh Kelompok masyarakat (Pokmas) "Maju Rukun"Dusun Karangploso, desa Ngerong Kec. Gempol, Kab. Pasuruan.

Saat ini, disaksikan Forkopimcam Gempol, Rabo (18/05/2022) telah meresmikan kolam tersebut, dengan menebarkan puluhan ribu  benih ke 2  kolam yang sudah di siapkan.

Benih ikan, sebagai salah satu jurus mendongkrak produktivitas budidaya perikanan  untuk menjaga ketahanan pangan desa Ngerong khususnya dan Pasuruan pada umumnya secara berkelanjutan.

“Sektor perikanan saya gadang-gadang menjadi salah satu sektor pendukung ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi warga setelah Pandemi. "Ungkap Jemik Sadiman Kades Ngerong.

Melalui program prioritas Ketahanan Pangan, Pemdes Ngerong melakukan  pembangunan  budidaya air tawar yang berbasis kearifan lokal. Melalui upaya tersebut maka pemanfaatan langsung bisa dimanfaatkan warga.


"Kami  mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Ngerong atas kepercayaan yang telah diberikan untuk mengelolah program ketahanan pangan berupa kolam ikan dan budidaya ikan ini." Tambah Firman Hidayat .SH selaku ketua Pokmas Maju Rukun dusun Karangploso.

Budidaya ikan saat ini menjadi salah satu tumpuan bersama bagi masyarakat, karenanya ada 2 (dua) nilai strategis utama budidaya yaitu sebagai barometer memperkuat ketahanan pangan nasional berbasis protein. Lalu, dari segi ekonomi, perikanan budidaya memiliki potensi besar sebagai penggerak perekonomian di masyarakat.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini karena memang sangat dibutuhkan oleh warga desa Ngerong terutama warga dusun Karang ploso untuk sisi membuka lapangan pekerjaan dan guna meningkatkan kesejahteraan warga desa. " Lanjut Firman.

Kami dari pokmas “Maju Rukun ” sudah mempunyai program terencana baik untuk sisi perawatan, pengelolahan dan pemasaran hasil produk serta kami beserta pengurus lainnya akan bekerja maksimal atas amanat yang telah diberikan untuk dapat berhasil dan mampu mengembangkan sebagaimana yang menjadi harapan bersama, "Ungkapnya.


Camat Gempol H Taufiqhul Ghoni dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi- tingginya atas pelaksanaan program ketahanan pangan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa Ngerong. " Kami berharap kepada kelompok masyarakat(pokmas)”Maju Rukun”  hendaknya bersungguh-sungguh dan penuh guyup rukun dalam mengelolah program ketahanan pangan yang telah diamanatkan oleh pemerintah desa Ngerong,"Himbaunya.

Atas program ini, kami merasa senang sekaligus bangga karena adanya kegiatan ini. Kami dari pokmas “Maju Rukun ” sudah mempunyai program terencana baik untuk sisi perawatan,pengelolahan dan pemasaran hasil produk serta kami beserta pengurus lainnya akan bekerja maksimal atas amanat yang telah diberikan untuk dapat berhasil dan mampu mengembangkan sebagaimana yang menjadi harapan bersama,"Pungkas Firman.(Fii/Tom/Yus)