Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cakupan Vaksinasi Di Kabupaten Pasuruan Tinggal 9%, Sudah Tercapai


Pasuruan, Pojok Kiri.
Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) optimis dalam dua minggu ke depan, target cakupan vaksinasi untuk lansia maupun masyarakat umum di Kabupaten Pasuruan, tercapai, pernyataan tersebut disampaikan Gus Mujib saat memberikan pengarahan kepada Satgas Covid-19 Kecamatan Grati, Nguling dan Lekok, di Pendopo Kecamatan Grati, Jumat (03/12/2021) pagi.

Menurutnya, sampai dengan hari ini, cakupan vaksinasi dosis 1 untuk masyarakat umum se-Kabupaten Pasuruan sudah mencapai 60,17% alias sudah 746.535 warga yang telah tervaksin. Sedangkan untuk total jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang sudah divaksin 1, 2 dan 3 sebanyak 1.225.665 orang  atau sebesar 98,79% dari jumlah penduduk.

Dari data di atas, berarti tinggal 9,83% dari 70% jumlah masyarakat umum di Kabupaten Pasuruan yang belum divaksin. Begitu pula dengan lansia (lanjut usia) yang juga menjadi sasaran vaksinasi, hingga hari ini sudah 66.942 orang yang tervaksin. Apabila diprosentasekan mencapai 48,72%, sehingga sudah melebihi target minimal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

"Alhamdulillah, kalau dihitung, untuk cakupan vaksinasi masyarakat umum tinggal 9,83% saja. Dan untuk lansia sudah melebihi target minimal yang ditetapkan Pemerintah Pusat. Kita akan kejar sampai 2 minggu ke depan, vaksinasi masyarakat umum sudah selesai, Insya Allah," katanya.

Untuk bisa mengejar capaian vaksinasi yang tinggal sedikit, Satgas Covid-19 Kabupaten hingga kecamatan/desa/kelurahan terus intens melakukan pendekatan kepada masyarakat. Utamanya pada warga yang masih enggan atau bahkan menolak untuk divaksin.

Kata Gus Mujib, kesadaran masyarakat untuk mau divaksin sudah sangat tinggi. Terlebih pendekatan yang dilakukan oleh Dinkes, TNI, POLRI hingga peran kepala desa/lurah/tokoh masyarakat/agama, betul-betul berdampak baik. Sehingga dirinya pun optimis, sebelum akhir tahun, 70% dari jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan selesai divaksin.

"Insya Allah dua minggu lagi cakupan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai 70%. Disamping pemahaman masyarakat yang semakin meningkat plus kerja keras semua pihak. Mulai dari Dinkes, TNI, POLRI, sampai tokoh agama, tokoh masyarakat, Kades, Lurah, Pak RW dan Pak RT dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Matur nuwon," ucap Gus Mujib di hadapan para undangan.

Sementara khusus Kecamatan Nguling, Grati dan Lekok, cakupan vaksinasi juga sudah akan selesai. Dijelaskan Gus Mujib, untuk Nguling tinggal 533 warga (masyarakat umum) dan 68 lansia yang belum divaksin.

Dan untuk Kecamatan Grati masih menyisakan 1542 masyarakat umum dan 109 lansia yang belum divaksin, serta 1852 masyarakat umum dan 203 lansia di Kecamatan Lekok yang belum tervaksin.

"Saya ajak semua camat sampai kades untuk bisa memotivasi warga agar mau divaksin. Kalau kita berjuang keras seraya berdoa, Insya Allah ada hasil baik yang nanti akan kita terima, Amin Ya Robbal Alamin," imbuhnya. (Ony/mil).