Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Musrenbang Desa Bulusari Usulkan Program yang Super Emergency dan Super Prioritas




Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah desa Bulusari , Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan rencana kegiatan pembangunan desa ( RKPDes ) tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah ( RKPD ) tahun 2023 di pendopo balai desa, rabo ( 18/8/21 ).

Hadir dalam kesempatan tersebut, DPRD Kab. Pasuruan  fraksi PKB  H.Samsul Hidayat, Camat Taufiqul Ghoni,  Kapolsek Kompol Kamran, Ndanramil Kapten Inf Edi Suryanto, Kades. Siti Nurhayati, Ketua BPD Subhan, Sekdes Arie Setiawan, Bhabinkamtibmas Iptu Hartono S,Pd, Babinsa Serda Agus Khabibur Rohman, pendamping desa Eko, 11  Kasun,  ketua Kader PKK, LPM, Pokmas, Lembaga Pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Unsur Pemuda.
 
Kepala Desa (Kades) Siti Nurhayati yang akrab disapa Bukades , mengatakan bahwa kegiatan musrenbangdes tersebut dilakukan secara terbatas karena masih masa pandemi Covid-19, dan tetap melaksanakan protkes. Kegiatan musrenbangdes tersebut, lanjut ia, untuk mensinkronkan usulan-usulan program kegiatan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan masyarakat meskipun selama masa Pandemi usulannya tercancel semua karena anggarannya di gunakan untuk penanganan Covit 19.

“Alhamdulillah, kita saat ini  bisa mengadakan Musrenbangdes dan kita sudah melaksanakan musdus di 11 dusun, berkumpul hari ini melakukan penetapan, untuk itu saya berharap semua usulan dusun dan pokmas lebih mengutamakan yang super - super emergensi, super prioritas untuk di usulkan dan di catat kembali supaya punya hasil terbaik dan tahun 2022 pembangunan bisa dilaksanakan kembali, " Tegas Siti Nurhayati.

Dalam kesempatan ditempat yang sama  Samsul Hidayat  Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan fraksi PKB dapil Gempol menyampaikan bahwa, " Musrenbangdes ini suatu perencanaan yang terbaik, sebagai dasar di Elektronik Perencanaan ( E-Playning ), karena itu seringkali saya selalu mengambil data usulan 90% dari hasil Musrenbang sehingga saya tidak pusing pusing memikirkan pokok pokok pikiran (E-Pokir Dewan ). "Ungkapnya.

Desa Bulusari patut mendapatkan percepatan pembangunan dan kemudahan usulan, karena hanya desa Bulusari di wilayah kecamatan Gempol Lunas Pajak dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (OBB-P2 Tahun 2921) sebelum jatuh tempo tanggal 31 Juli 2021.

"Selama saya menjabat sebagai Camat Gempol, baru desa Bulusari yang lunas PBB. "Ungkap Ghoni.

Disela - sela acara ada agenda pemberian penghargaan: Dusun yang mengadakan musdus terbaik diberikan kepada bapak Slamet, Perangkat berprestasi diberikan kepada Lambang, Lunas PBB tahun 2021 di berikan kepada Ibu Kades Siti Nurhayati, dan pemberian 10 kursi roda penyandang cacat disabilitas.

RKPDes, suatu proses yang di mulai dari Musdus yang selanjutnya dibawa keforum Musrenbangdes, selanjutnya dari hasil Musrenbangdes dijadikan Usulan Rancangan Perdes ( RKPDes ) yang disahkan paling lambat bulan September sudah menjadi Perdes RKPDes.

Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD ) adalah suatu proses usulan Musrenbangdes yang dibawa kemusrenbangcam setelah melewati ferifikasi sistem informasi penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dari hasil musrenbangcam dibawa ke musrenbangkab, sesuai dengan bidang yang di tetapkan, bidang sosbud, ekonomi dan plaswil (prasarana wilayah), yang selanjutnya dari hasil musrenbangkab setelah disepakati bersama antar anggota DPR dan Pemkab maka hasilnya di kunci didalam suatu sistem, namanya E-Playning, "Papar camat Gempol.(fii)