Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Proyek Siluman, Diduga Abaikan UU KIP Serta Pekerjaan Asal Jadi di Desa Kejapanan



Pasuruan, Pojok Kiri
Proyek Plengsengan di Ruas jalan desa, dusun Japanan desa Kejapanan kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan diduga sengaja menyembunyikan papan informasi terhadap masyarakat, padahal pekerjaan tersebut sudah berjalan kurang lebih 7 hari.

Menurut Amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.


"Ini jelas jelas ada unsur kesengajaan, papan informasinya selama satu Minggu ini di sembunyikan diteras rumah warga, harusnya papan informasi ini di Pampang menghadap jalan dan mudah di lihat, supaya ada azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, "tutur Hadi Suar Ketua LSM GMBI kecamatan Gempol, saat ia melakukan sidak di lapangan dengan jurnalis Pojok Kiri, Rabo (3/7/2025).

Bukan hanya papan informasinya yang di sembunyikan, pekerjaan proyek itu diduga dikerjakan asal-asalan, alat mesin molen kecil hanya sebagai pajangan,
Para kuli bangunan menggunakan cangkul untuk mengaduknya.

"Saya menyaksikan sendiri bagaimana para kuli proyek ini dalam mengaduk semen pasir menggunakan cangkul, padahal dibsitu ada molennya., "Ungkap Hadi Suar.

Sehingga terlihat campuran adukan dalam pemasangan batu pondasi plengsengan tidak sesuai, nampak jelas dari warna campuran adukan, apalagi saat pemasangan pondasi dipasang di atas air menggenang.

"Saat saya konfirmasi, kulitnya ngomong kalau kondisi pondasi banyak airnya. "lanjutnya. Bersambung. (Syafi'i/yus).