Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Terpancar Raut Wajah Bahagia, 69 KPM Terima BLT DD dari Pemdes Legok.



Pasuruan, Pojok Kiri
Bertempat di Balai Desa Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Rabu (2/4/2024), telah dilaksanakan kegiatan
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 1 atau triwulan1 (bulan Januari, Februari, Maret) dengan Keluarga Penerima
Manfaat (KPM).

Dalam kesempatan itu, Kades Legok, Nursalam menyampaikan bahwa tahun ini Desa Legok mengalokasikan BLT DD untuk 69 KPM,” tahun ini sebanyak 69 KPM, hampir sama dengan tahun kemarin, adapun penerima bantuan adalah memenuhi 4 kreteria yakni miskin ektrim, punya penyakit menahun, disabilitas dan Lansia, yang mana penetapan KPM sudah sesuai prosedur, kita turun kelapangan melakukan pendataan dan diputuskan lewat Musdesssus (Musyawarah Desa Khusus) untuk penerima BLT di tahun ini,” terang Nursalam.


Adapun rinciannya terbagi atas 5 dusun; Legok 18, Tempel 14, Ngering 18, Panderejo 14, Kebonsari 5.

Untuk besaran dana BLT DD sebesar Rp.300.000,00
per bulan dan pada tahap I ini total sebesar
Rp.900.000,00 (Januari, Februari dan Maret).
Bantuan diserahkan secara simbolis kepada 2 orang penerima oleh Kepala desa Legok, Nursalam, S.E. didampingi Sekretaris desa, Ketua BPD, Kasun , Perangkat yang di saksikan oleh Taromen, Kasi pemerintahan Kecamatan Gempol, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Disela-sela acara kepala desa Legok, Nursalam menyampaikan pada jurnalis Pojok Kiri bahwa tujuan BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga
miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber
dari Dana Desa untuk sasaran percepatan
penghapusan kemiskinan ekstrem, secara bergantian, tiap tahun, karena anggaran DD yang terbatas.

"Penerima kita batasi, karena anggarannya terbatas, secara bergantian tiap tahun kita roling sesuai usulan RT, RW, Kasun, yang selanjutnya kita bahas di Musyawarah desa bersama BPD, "Ujarnya.

Lebih lanjut Nursalam mengatakan,” semoga bapak ibu yang menerima bantuan, BLT ini bisa membantu ekonomi keluarga, dan sebaiknya belanjalah diwarung yang di desa kita, sehingga bisa membantu perekonomian) UMKM di desa kita sekaligus menunjang perputaran uang di desa kita, beda sedikit itu wajar sehingga warga pelaku UMKM yang tidak menerima BLT-DD dapat juga merasakan manfaatnya,” himbaunya.

Ditempat yang sama Camat Gempol diwakili Kasi pemerintahan, Tarimen, dalam arahannya menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bapak Komari dikarenakan ada tugas lain yang harus dilakukan sehingga diwakilkan kepada dirinya,” kami sampaikan permohonan maaf dari Bapak Camat dikarenakan beliau ada tugas lain,” ucap Tarimen.

Kasi pemerintahan, Tarimen dihadapan warga penerima BLT DD juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyaluran BLT DD kepada warga penerima, disebabkan adanya aturan terbaru dari Pemerintah untuk syarat penerima BLT DD,” Terkait pembagian BLT di Desa Legok agak terlambat dikarenakan ada aturan dari pemerintah, kami dari Pemerintah Kecamatan selalu mendorong Desa untuk bisa salurkan BLT sebelum Lebaran, walaupun terlambat, Alhamdulillah pada hari ini bisa disalurkan,” jelas Tarimen.

Disisi lain Tarimen berharap kepada warga yang menerima BLT untuk bijak dalam membelanjakan uang bantuan dan memprioritaskan untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari,” silahkan bantuan yang diterima untuk belanja kebutuhan pokok keluarga, mudah mudahan nanti dapat disalurkan kepada yang berhak menerima, walaupun “sedikit” semoga kiranya bantuan yang diterima dapat membantu meringankan beban keluarga penerima BLT DD,” imbuh Kasi pemerintahan, Tarimen.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Ketua BPD Legok, Imam Furqon, bahwa Prioritas
Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 ini penerima
manfaat BLT Dana Desa yaitu keluarga yang
kehilangan mata pencaharian, keluarga yang terdapat
anggota keluarga yang sakit menahun, dan yang tidak menerima bantuan PKH, Tidak menerima bantuan sosial lain, serta keluarga lanjut usia.

Terlihat warga penerima BLT DD Desa Legok merasa senang dan gembira, itu terpancar raut wajah warga yang “tersenyum bahagia” melangkah keluar kantor Desa usai menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Sinar Jaya (Syafi'i/Yus).