Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tarling di masjid An-Nur dusun Sumberpandan desa Bulusari.



Pasuruan, Pojok Kiri
Pemerintah Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, bersama Ranting NU Desa Bulusari menggelar Tarawih Keliling (Tarling). pada kamis (21/3/2024) di masjid An-Nur dusun Sumberpandan yang menjadi salah satu tujuan kegiatan tersebut.

Program yang diawali sholat Tarawih ini bertujuan mempererat silaturrahim antara masyarakat dengan pemerintahan desa setempat. Selain itu Kepala Desa Bulusari, Hajah Siti Nurhayati juga memberikan informasi terkait pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Di awal sambutannya, kepala desa, Hajah Siti Nurhayati menyampaikan, " ini adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan, maka sepatutnya kita isi bulan ini dengan amalan-amalan yang baik dan tentunya salah satu amalan tersebut adalah memakmurkan masjid dengan cara meramaikan kegiatan-kegiatan ibadah sehingga masjid menjadi salah satu simbol pemersatu umat Islam,"ucapnya.


Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah desa Bulusari masih komitmen melanjutkan programnya, yaitu pajak Rp. 20ribu ke bawah di ambil alih desa, SPP gratis paud dan TK, dan tetap fokus ke taman Cunggrang dan pasar desa Bulusari.

Lebih lanjut, Ibu Kades juga menghimbau, Cuaca esktrem saat ini banyak daerah di Landa bencana hidrometerologi seperti genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, maupun tanah longsor, "Mudah mudahan desa Bulusari di jauhkan dari musibah, dan balak yang tidak kita kehendaki."ujarnya.

Masyarakat pun dihimbau untuk melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran irigasi/sungai-sungai, memangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh/lapuk, serta selalu waspada pada bencana hidrometerologi.

"Saat ini banyak bencana longsor dan banjir, karena musim hujan, kita prihatin sekali, "Katanya.

Ia juga berpesan untuk jaga kesehatan, menurutnya daya tahan tubuh yang kurang prima saat musim hujan juga menjadi peluang masuk dan berkembangnya bakteri serta virus dalam tubuh.

Dengan adanya kedekatan dan keakraban antara kades dengan semua elemen masyarakat yang mengikuti acara tarling, tentunya memiliki nilai tersendiri. Terutama komunikasi dua arah yang bertujuan untuk membangun Desa Bulusari.

"Selesai sholat tarawih saya berbincang dengan masyarakat. Masukan dan usulan warga saya dengarkan semacam diskusi santai. Tapi bermanfaat bagi kedua pihak, dari pemerintah desa dan masyarakat, "ucapnya.

Ketua Ta’mir Masjid An-Nur menyampaikan, rasa kebanggaannya dan terima kasih kepada Kepala Desa Bulusari dan Jajarannya, berikut Pengurus Ranting NU desa Bulusari atas kunjungan tarlingnya.

"Segenap Pengurus Ta’mir, An-Nur dan masyarakat khususnya warga NU dusun Sumberpandan mengucapkan terima kasih atas kunjungan tarlingnya. Semoga silaturahim ini tetap terjaga sampai ketemu di Bulan Ramadhan tahun depan, " ucapnya.

Ketua Ranting NU desa Bulusari mengatakan, di malam yang ke 11 putaran yang ke 4, tarling dari masjid ke masjid, dari dusun ke dusun merupakan bagian dari etikat baik dari ranting NU dan pemerintah desa Bulusari. Merupakan program konsolidasi dan silaturahim seluruh pengurus ranting bersama perangkat dan badan otonom pada tingkat desa untuk warga NU yang ditempati tarling.

"Kami atas nama Pengurus ranting mengucapkan terima kasih kepada jamaah Masjid An-Nur khususnya warga dusun Sumberpandan dengan sambutan silaturahim yang penuh kehangatan persaudraan," ujarnya.

Hal yang sama juga yang disampaikan Kepala dusun Sumberpandan, Bambang, ia sangat senang, melihat masyarakat yang mengikuti shalat tarawih, dari anak - anak hingga orang dewasa di Masjid An-Nur. 

"Kita bersyukur kepada Allah malam ini bisa melaksanakan Salat Tarawih berjamaah. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah kita lancar dan mendapat ridha dari Allah SWT, ”pungkasnya.(Syafi'i/yus)