Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Syafari Romadhon MWCNU bersama Forkopimcam dan AKD Gempol di Hadiri PC NU Bangil



Pasuruan, Pojok Kiri
Meraih Berkah di Bulan Suci Ramadhan, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gempol bersama Forkopimcam dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Gempol menggelar Safari Ramadhan pada Senin malam (25/3/2024) di Masjid Darut Taqwa desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan Yang dihadiri Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil dan Baznas Kabupaten Pasuruan.

Dibuka dengan pembacaan surat al-Fatihah yang dipimpin oleh pembawa acara dan dilanjutkan sambutan dari
Kepala desa Carat, Achmad Fatoni. Dalam sambutannya Fatoni ucapkan terima kasih atas rawuhnya di desa Carat, tepatnya di masjid Darut Taqwa.

Atas nama kepala desa dan pribadi Achmad Fatoni berharap ada peningkatan keimanan dan ketakwaan warga karena kedatangan para ulama NU. “semoga dengan kedatangan para Ulamak desa Carat dapat berkah,” imbuhnya.


Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziah MWC NU Gempol KH. Khozin mengucapkan rasa terima kasih kepada keluarga besar pondok Daruttaqwa, "Mudah mudahan atas kegiatan ini masyarakat desa Carat diberikan barokah," ucapnya.

Dalam sambutannya pula, Camat Gempol Haji Komari Menyampaikan rasa terima kasih kepada para Kyai, atas terciptanya kondisi wilayah Gempol yang aman dan tentram, selama Pilkades dan pemilu cukup kondusif.

Haji Komari menghimbau, kepada jajaran NU intinya pelaksanaan puasa ini, Agar pelaksanaan ibadah di Bulan Suci Ramadlan berjalan khusyu’ maka pengeras suara dapat digunakan di dalam ruangan pada saat Sholat Isya’ dan Taraweh. Sedangkan untuk kegiatan Tadarus Al-qur’an dapat menggunakan pengeras suara sampai pukul 22.00 WIB dan dapat dilanjutkan tanpa menggunakan pengeras suara.

Tak hanya itu Komari juga menghimbau untuk menghormati umat islam yang tengah berpuasa, untuk itu para pengusaha rumah makan, restoran, depot, warung dan sejenisnya dilarang menyediakan dan atau berjualan makanan dan minuman pada pagi hari sampai dengan pukul 15.00 WIB selama Bulan Suci Ramadlan1445 H / 2024 .

"Mari sama-sama menyemarakkan Bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan religi, "ucapnya.

Apalagi semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri, pencurian dengan kekerasan atau perampokan terutama yang mengincar kendaraan bermotor mulai marak terjadi, ia berpesan kepada masyarakat Gempol lebih hati-hati dan meningkatkan keamanan.

Mewakili PCNU Bangil H. Abd. Rouf, sekretaris PCNU Bangil menyampaikan terima kasih kepada takmir masjid dan pemangku pondok Daruttaqwa atas kesediaan menjadi tuan rumah Safari Ramadhan. Pria yang disapa Abah Rouf ini juga menjelaskan kegiatan safari Ramadhan PCNU Bangil hanya digelar di enam kecamatan, yaitu Rembang, Bangil, Beji, Gempol, Pandaan dan Prigen. 

Dalam sambutannya pula, Abah Rouf menyampaikan bahwa jam’iyah Nahdlatul Ulama ada tata urutan peraturan NU, "Kalau di negara Indonesia berbicara tentang perundangan itu ada tata urutan perundangan yang diputuskan oleh tap MPR. 
Kalau di organisasi NU ada tata urutan peraturan NU, yang pertama qanun asasi yang membuat langsung Mbah Hasyim Asyari, baru anggaran dasar, anggaran rumah tangga, peraturan perkumpulan NU, peraturan pengurus besar, peraturan pengurus wilayah, peraturan pengurus cabang, peraturan badan otonom di masing-masing tingkatan, hingga ketentuan lembaga, "ungkap Rouf.

Lebih lanjut Rouf juga menyampaikan bahwa kalau berbicara dengan otonom itu. Siapa otonom di NU itu, Muslimat, Fatayat, GP. Ansor, IPNU, IPPNU, dan PMII. Badan otonom atau banom ini bertugas menjalankan program NU sesuai dengan basis keanggotaannya. Setiap badan otonom memiliki ketua umum dan ketua umum dipilih oleh anggotanya melalui forum kongres.

"Semua lembaga itu tidak bole menyimpang dari lembaga, "Ujarnya.

Acara juga di isi dengan sosialisasi oleh KH Achmad Abas Pengurus BAZNAS Kabupaten Pasuruan.Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis zakat dari Bazarnas Kabupaten Pasuruan. 

Ia mengatakan, kemudian mengenai pengumpulan zakat, infak, dan sedekah tetap menganut pada asas yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasuruan. (SYAFII/Yus).