Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Siti Nurhayati; TBS, Pasar Desa dan Pembangunan di Dusun Se-Desa, Prioritas Pembangunan 2024.



Pasuruan, Pojok Kiri
Badan Permusyawaratan Desa "BPD" dan Pemerintah Desa Bulusari , Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) tentang LKPJ, LPPD, IPPD pada Kamis, 28 Maret 2024 di Pendopo Balai Desa Bulusari.

Musdes ini bertujuan untuk Penetapan dan Pengesahan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2024.

Selain BPD dan Kepala Desa Bulusari Hajah Siti Nurhayati, acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Gempol, Haji Komari beserta staf, Ndanramil, Kapolsek, Babinsa- Babinkamtibnas , PKK, Perangkat desa, Kasun, Anggota BPD, dan Pendamping Desa.

Musyawarah Desa ini langsung dipimpin oleh Ketua BPD, Subhan diawali dengan menyampaikan maksud dan tujuan di laksanakannya Musyawarah Desa laporan realisasi dan pertanggungjawaban APBDES Tahun Anggaran 2023, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan kepala Desa Bulusari Hjh. Siti Nurhayati dan sambutan Camat Gempol Komari dan Pendamping desa.

Dalam sambutannya kepala desa Bulusari menyampaikan bahwa laporan LKPJ, LPPD, IPPD desa Bulusari sudah dilaksanakan semua.


"Pembangunan sesuai dengan yang direncanakan, tahun 2023 Pembangunan di Taman Budaya Suci (TBS), Pengembangan pasar desa dan pembangunan yang di Dusun Se-Desa Bulusari, "ungkapnya.

Siti Nurhayati menghimbau kepada semua perangkatnya, operator desa, dan siapapun terutama TPK agar menjalankan pembangunan di tahun 2024 sesuai tepat waktu.
"Ada konsekuensi tersendiri jika TPK dalam merealisasikan Pembangunan tidak tepat waktu, wajib mengembalikan dana pembangunan jika belum selesai tepat waktu, "tuturnya.

Lebih lanjut, Ibu Kepala desa juga menyampaikan bahwa saat PAK, desa Bulusari sudah melakukan pembangunan sudetan (aliran Irigasi perairan) agar tidak terjadi banjir.

Kemudian di lanjutkan Pemaparan materi Musyawarah oleh Sekretaris Desa, Ia menjelaskan secara umum laporan realisasi dan pertanggungjawaban APBDES tahun 2023. Sesuai dengan pelaksanaan Musyawarah Desa laporan Realisasi dan Pertanggungjawaban APBDES Tahun Anggaran 2023. Adapun yang di paparkan dalam musyawarah tersebut yakni Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Transfer, (Dana desa, Bagi hasil Pajak, retribusi dan bantuan keuangan dari kabupaten) dan Pendapatan lain-lain. Belanja Desa di Bidang Penyelenggaran Pemerintah Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Serta Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak desa, sesuai regulasi yang ada.

" Pembangunan dari Pemerintahan sudah dilaksanakan semua. Ada silpa krn kekosongan 3 perangkat. Pembinaan masyarakat operasional LPM sudah selesal 100%. Bidang pembangunan yg salah satunya bidang pendidikan ada SPP gratis, Insentif guru madin & TPQ, ROS mengurangi stunting, "ungkapnya.

Arie juga memaparkan program unggulan yang lain seperti, Program desa Bulusari menjadi desa Cerdas, desa Bersinar dan desa Berdaya. Untuk pembangunan fisik, Pembangunan Paving, Toilet taman Budaya Suci, satu persatu Fokus di Tahun ini juga di Taman Budaya Suci. Ketahanan Pangan perdusun. hidroponik, dll. "Papar Arie Sekdes Bulusari.

Pada kesempatan yang sama ketua BPD Bulusari, Subhan, menyampaikan bahwa pada hari ini ia sudah melaksanakan dan melakukan pengawasan , "BPD Sudah melakukan tupoksi, kalaupun ada keterlambatan di pembangunan, dengan cepat Pemerintah desa Bulusari menyelesaikannya, "tegasnya.

Ada catantan dari BPD untuk Pemerintah Bulusari agar pola di Pemerintahan desa yaitu tupoksi kinerja yg ada di pemdes dilaksanakan sesuai dengan tujuannya agar lebih baik dari tahun sebelumnya, " kinerja dan tupoksi harus di tingkatkan, "tegasnya.

Haji Komari, Camat Gempol dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa Bulusari yang sudah melaksanakan (KPJ, LPPD, IPPD dengan baik meski terlambat di Tahun 2024, Ia berpesan kedepan diusahakan jangan sampai terlambat, karena Batas akhir Bulan Maret.

"Dibeberapa Desa
sudah dimulai dibulan sebelumnya. Target harus ada, BPD harus melakukan pengawasan
agar tidah telat. Tuntutan masyarahat luar biasa, pemerintah Desa harus tanggap, jangan saling menyalahkan, ayo di selesaikan bersama-sama, "Ujar Komari.

Komari juga memohon 
Kondisi wilayah selama puasa, supaya di perhatikan karena rawan kriminal, apalagi semakin mendekati hari raya.

Selanjutnya pendamping desa dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa Bulusari yang sudah melaksanakan Musyawarah Desa dengan baik, Sarpas maupun non sarpras. Dengan dana Desa yang ada bisa mengurangi stunting di Desa Bulusari Status Desa
Mandiri ditahun 2024 ini semoga ada kenaikan status peningkatan nilai.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Musyawarah Desa laporan realisasi dan pertanggungjawaban APBDES tahun 2023. (Syafi'i/Yus).