Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

MUSDes LPJ APBDesa tahun 2023 Desa Legok, Telah Terlewati



Pasuruan, Pojok Kiri
Serangkaian proses pembangunan dimulai dari pencermatan RPJM dan RKP, Pembahasan RKP, Penetapan RKP, Pembahasan RAPBDes, Penetapan APBDes tahun anggaran 2023 dan Pelaksanaan APBDes tahun anggaran 2023 telah terlewati.

Dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 103 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, perlu menyusun dan menyampaikan Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDesa Tahun 2023.

Musyawarah Desa Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan Tahun anggaran 2023 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2024 bertempat di pendopo Kantor balai desa Legok.

Hadir dalam Musyawarah Desa Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, Ketua BPD Imam furqon beserta Anggota BPD, Ketua LPM Zamroni, Camat Gempol, Komari, Kepala desa Legok, Nursalam, S.E beserta Perangkat dan Staf Desa , Babinsa Desa, Bhabinkamtibmas, Ketua TP. PKK, Waroh Nursalam, S.pd.


Musyawarah Desa dipimpin langsung oleh Ketua BPD, dilanjutkan pemaparan laporan secara umum atas laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Legok tahun anggaran 2023. Secara rinci dipaparkan oleh Kepala desa Legok.

"Alhamdulillah usai sudah hari ini desa Legok melaporkan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa tahun 2023
LKPJ-LPPD-IPPD
desa Legok, "ucapnya.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Kepala desa dan dilaksanakan pembahasan dengan beberapa masukan dari peserta Musyawarah Desa diambil keputusan bahwa Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2023, Semua Peserta Musyawarah Desa dapat menerima dan menetapkan laporan pertanggungjawaban th 2023 dan keputusan ini dituangkan dalam peraturan Desa Legok Nomor 01 Tahun 2024 tanggal 24 Januari 2024.

Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2023 ini selanjutnya akan disampaikan kepada Bupati melalui Camat Gempol. Sesuai Pasal 37 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2023 ini disampaikan paling lambat pada akhir bulan Januari Tahun 2024. Pasal 37 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kepala desa Legok Nursalam diakhir sambutannya meminta dengan tegas kepada seluruh perangkat desa, dan pembantu operator desa lebih giat dalam bekerja.

"Tolong seluruh perangkat desa, dan pembantu operator desa lebih giat lagi, "Ucap Nursalam. 

Sambutan yang sama juga disampaikan ketua BPD, Imam furqon, selain menerima Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa tahun 2023
LKPJ-LPPD-IPPD
desa Legok, ia memohon kepada perangkat desa memaksimalkan penarikan pajak bumi dan bangunan, karena selama ini menurutnya Prosentase penerimaan SPPT desa Legok masih urutan terbelakang.

"Mohon untuk pajak bumi dan bangunan lebih di tingkatkan, karena selama ini masih 57%, "harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Gempol Komari, ia meminta agar pemerintahan desa terus memperkuat pemahaman aparaturnya, terkait pengelolaan administrasi desa. 

 "Setelah ini saya mohon semuanya tim desa, perangkat desa, operator desa, melakukan koreksi internal. Teguran dan peringatan apa yang di sampaikan Kepala desa Legok jadikan sebagai motivasi, dan penyemangat, "terang Komari.

Bahkan teguran BPD menurut Komari itu sangat bagus, ada kontrol, jangan hanya mau menerima bantuan, tapi tidak mau menarik pajak. Karena pajak yang di setorkan ke Kabupaten nantinya akan di kembalikan lagi untuk pembangunan desa.

"Mohon untuk di optimalkan, karena hasil pajak dikembalikan lagi ke desa untuk bantuan pembangunan desa, "tambahannya.

Dijelaskan bahwa keberhasilan pembangunan di desa sangat ditentukan oleh kinerja perangkat desa, "Kunci utama keberhasilan berbagai program yang ada di desa Legok sangat dipengaruhi oleh bagaimana kinerja aparatur pemerintahan desa dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya secara terukur, transparan, akuntabel, profesional, efektif, dan efisien. Bekerja tanpa target yang baik , tidak akan terlaksana,"pungkas Komari. (Syafi'i/Yus).