Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Genjot Produksi Garam Hingga 16 Ribu Ton



PASURUAN, pojok kiri.Pemkab Pasuruan menargetkan tingginya produksi garam tahun ini. Setidaknya, 16 ribu ton garam bisa diproduksi tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah mengatakan, produktivitas garam memang sangat dipengaruhi faktor cuaca. Karena itu meski masa produksi tak berlangsung selama setahun penuh, hasil produksi bisa tetap tinggi selama cuaca mendukung.

Sepanjang tahun 2023 lalu misalnya. Produksi garam yang direalisasikan, mencapai 16.726 ton. Padahal, target yang diancang-ancang, hanya 10,5 ribu ton. 

“Cuaca yang mendukung, membuat produksi garam di Kabupaten Pasuruan cukup tinggi. Bahkan, produksinya tahun lalu, melampaui target,” sampainya. 

Ia menambahkan, produksi garam tahun lalu, menjadi acuan, target produksi garam tahun ini. Setidaknya, 16 ribu ton, ditargetkan bisa direalisasikan. Produksi garam itu mengandalkan 240 hektar tambak yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan. 

Mulai di Kraton, Lekok, dan Rejoso. “Banyak petani garam yang juga menggunakan geomembran dalam produksi garam. Kami harapkan, penerapan tersebut, bisa mendorong produksi garam di Kabupaten Pasuruan,” paparnya. 

Tak hanya mengejar target. Pihaknya mengupayakan, agar kualitas garam juga bisa dijaga.(Mil/yus)