Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bakal Tambah TPS-3R di Kota Pasuruan



PASURUAN, pojok kiri Pemkot Pasuruan berencana untuk menambah tempat pembuangan sampah dengan prinsip reduce, reuse dan recycle (TPS-3R). Hal ini seiring dengan masih minimnya jumlah TPS 3R di Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Petamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Samsul Rizal menjelaskan, saat ini, baru ada 12 TPS-3R di Kota Pasuruan. Padahal, produksi sampah, cukup tinggi. 

Sepanjang tahun 2022 lalu, volume sampah yang masuk ke TPA Blandongan, mencapai 53.297 ton. Jumlah itu berkurang, pada 2023. Karena hanya 38.682 ton sampah yang masuk ke TPA Blandongan. “Hal ini, salah satunya dipengaruhi keberadaan TPS 3R,” bebernya.

Sebab, keberadaan TPS-3R, bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk di tempat pembuangan akhir (TPA). Sampah yang bisa didaur ulang menjadi barang yang lebih bergunan langsung dipilah.

“TPS-3R bisa memaksimalkan keberadaan sampah rumah tangga dan pemukiman di kelurahan. Jadi tidak semua sampah langsung dibawa ke TPA Blandongan,” imbuhnya. 

Ia berencana, untuk menambah TPS 3R di Kota Pasuruan. Setidaknya, ada Kelurahan Kebonagung dan Pohjentrek yang diproyeksikan untuk dibangun TPS 3R. Harapannya, bisa semakin meminimalisir sampah ke TPA Blandongan. 

“Dua kelurahan ini, merupakan pemukiman yang cukup padat. Sehingga, jumlah sampah dari kelurahan ini cukup banyak,” jelasnya.(Mil/yus)