Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

PPK Gempol Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024, Ini Jadwal dan Persiapannya



Pasuruan, Pojok Kiri
Panitia Pemilihan Umum Kecamatan Gempol adakan Rapat koordinasi persiapan rekapitulasi pada pemilu 2024 di aula kecamatan Gempol lantai 2 pada, Minggu (18/02/2024) bersama jajaran PPS.

Tampak hadir di rapat tersebut ketua PPK beserta jajarannya, Panwascam, unsur Kecamatan, unsur Kepolisian / TNI, 15 PPS desa se-kecamatan Gempol.

Proses Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mulai proses distribusi Kotak suara dari gudang KPU menuju gudang logistik PPK, dan bergeser menuju ke kelurahan /desa, dari Kelurahan / desa di distribusikan ke TPS, dari TPS di kembalikan lagi ke masing-masing kelurahan/desa dan sampai saat ini pendistribusian menuju ke gudang PPK Aula kecamatan Gempol lantai 2 berjalan aman tertib dan kondusif.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai tahapan, semua kotak suara sudah masuk di gudang logistik PPK, terakhir kemarin. Hari ini kita lakukan rakor, persiapan rekapitulasi, " ungkap Sulaiman, Ketua PPK Gempol.

Ia juga menyampaikan kalau apa yang ia lakukan saat ini Sesuai dengan arahan ketua KPU Kabupaten Pasuruan untuk mengadakan rapat koordinasi terkait persiapan rekapitulasi, "kita sampaikan beberapa teknik mekanisme perhitungan di tingkat Kecamatan kepada saksi partai ataupun Panwas dan stakeholder terkait dengan teknik rekapitulasi. Lengkap semuanya sesuai dengan sistem, baru besok kita publis, "Ucapnya.


Lebih lanjut Sulaiman menjelaskan bahwasannya, terkait tekniknya kalau ada yang perlu penyesuaian atau perbaikan apabila ada selisih, bisa di proses saat rekap.

"Tapi foto-foto itu kita pastikan sekarang itu sudah terisi, ter upload semuanya di sistem rekap KPU, "tambahnya.

Kesiapan kapan harinya, Sulaiman berjanji akan mengupayakan secepatnya, ia belum berani menentukan kepastian harinya, karena hari ini baru persiapan.

"Kalau memang dirasa sudah fik siap baru kita sampaikan kapan di mulainya. Yang pasti kita ngak nyantai-nyantai, leha- leha satu haripun hanya sekedar istirahat, "tandasnya.

Sulaiman juga mengungkapkan, bahwa perlu persiapan tentang pemenuhan administrasi yang harus di aplout di alat bantu penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu). C Rekap memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi terkait Pemilu.

Sirekap pemilu itu suatu aplikasi yang di siapkan oleh KPU untuk merekapitulasi hasil perolehan suara yanga ada di TPS.

"Jadi di TPS itu kan ada C Hasil yang berbentuk Plano, ada salinan dan ada yang di tempelkan. Yang di bacakan dan di bacakan bareng-bareng . Itu hasilnya di foto, setelah di foto oleh petugas KPPS itu mestinya petugas KPPS itu mengaplout foto itu ke si-rekap, "tuturnya.

Rencana pelaksanaan rekapitulasi di tingkat PPK yang semula dijadwalkan pada tanggal 15-20 Februari 2024 mengalami perubahan jadwal karena adanya kendala teknis.

“Oleh karena itu, kami akan menyampaikan hal ini kepada pihak-pihak terkait,” papar Sualaiman.

Ia juga menambahkan, dalam proses rekapitulasi, KPU akan menggunakan aplikasi Si Rekap yang digabungkan dengan penggunaan form C rekap. Saksi juga diminta untuk membawa salinan form C.

Trouble dan tidaknya sirekap beberapa hari ini, PPK Gempol sudah mengantisipasinya, dengan tetap dihitung secara manual dengan
Cara hanya mencocokkan apa yang ada di rekap dengan yang ada di C-Plano .

"Tetap C-Plano nantik di sini kita bukak, tinggal mencocokkan dengan yang sudah tertulis di si rekap, "kata Sulaiman.

Persiapan ini bermaksud supaya semua foto yang ada di C-Plano yang sudah di foto atau C-Hasil yang sudah di foto oleh petugas KPPS dipastikan sudah masuk di C Rekap semuanya, dengan begitu akan memperlancar rekapitulasi yang ada di tingkat kecamatan. 

"Dan ini persiapan kita diantaranya memastikan semua foto hasil TPS itu sudah aplout semua di C rekap. "Lanjutnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan dari Divisi Teknis penyelenggaraan, Fatimatuz Zahro mengatakan bahwasannya Untuk rekapitulasi di tingkat kecamatan menurut Zahro, jadwalnya mulai tanggal 15 sampai 2 Maret 2024, "cuman kami sarankan paling awal tanggal 18, dengan catatan teman PPK itu sudah siap, " tegasnya.

"Siap dalam arti, termasuk C Rekap, termasuk kesiapan seluruh perlengkapan, karena mereka masih harus rapat internal dulu untuk menyiapkan seluruh perlengkapan, "paparnya.

Untuk harinya Zahro menyerahkan penuh pada masing-masing PPK , "tapi kami memberikan rentang waktu paling awal tanggal 18, paling akhir tanggal 23 februari 2024. Tapi misalnya nantik teman teman PPK itu mulai ambilnya tanggal 19 sampai tanggal 25, tidak ada masalah, karena jadwalnya sampai tanggal 2 Maret"pungkasnya.(Syafi'i/Yus).