Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mts. Mambaul Ulum, Rajeg Pandaan Tanamkan Pendidikan Karakter



Pasuruan, Pojok Kiri
Keluarga Besar MTs. Mambaul Ulum Rajeg desa Sumbergedang Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Memeriahkan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw tahun 1445 H/2024, gelar berbagai tangkai lomba antar siswa-siswi, bertempat di madrasah setempat, Senin (12/2/2024).

Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang peristiwa luar biasa tersebut, tetapi juga sebagai panggung inspiratif untuk membangun generasi muda Islam yang unggul berlandaskan keteladanan akhlak Rasulullah. Dengan Tema " semangat Isra Mi'raj untuk mewujudkan ketakwaan keimanan serta persaudaraan dan persatuan.

Giat yang diperlombakan tersebut, diantaranya yaitu lomba dalam berzikir dan berdo’a, syarhil Qur’an, Lomba ceramah agama, dan Lomba penguasaan sejarah Islam.


Kegiatan ini diisi dengan berbagai rangkaian acara yang bertujuan untuk mendidik dan membentuk karakter peserta didik. Salah satu kegiatan utama adalah ceramah agama yang dibawakan oleh beberapa siswa siswi setempat.

Peringatan Isra Mi'raj ini juga menjadi wadah untuk melibatkan orangtua dan masyarakat sekitar dalam mendukung pendidikan agama dan moral bagi generasi muda. Keberhasilan acara ini mencerminkan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan bertaqwa.

Dengan semangat kebersamaan dan rasa syukur, Keluarga Besar MTs Mambaul Ulum berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi tonggak awal untuk membentuk generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, dan menjadi pemimpin yang berintegritas dalam membangun masa depan yang lebih baik.


Karena pembentukan karakter calon generasi penerus bangsa saat ini sudah jadi tuntutan bagi semua kalangan dunia pendidikan. Tidak terkecuali yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Manbaul Ulum.

Sementara itu, Kepala MTs Mambaul Ulum Nur Saidah, S.Ag, M.Pd.I menjelaskan, "ini merupakan pendidikan bagi siswa-siswi. Semoga nantinya bermanfaat apabila telah lulus dari Pendidikan di MTs Mambaul Ulum, dan berada ditengah-tengah masyarakat. "Ungkapnya.

Lebih lanjut,mengutarakan bahwa giat tersebut merupakan giat memeriahkan penyelenggaraan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, "Mudah-mudahan giat ini bermanfaat bagi siswa-siswi, dan yang terpenting adalah bagaimana siswa-siswi nantinya dapat mentauladani dari prilaku serta sikap Nabi Muhammad Saw., ”harapnya.

Nur Saidah juga Menuturkan bahwasannya, "Sekolah kami adalah salah satu sekolah yang bergerak dalam bidang keagamaan, sehingga dengan patokan agama menjadi pondasi dasar bagi kami membentuk jiwa karakter pelajar kami. Penanaman akhlak yang terus kami tanamkan setiap harinya baik melalui kegiatan akademik dan juga ekstrakurikuler agar pelajar menjadi generasi unggulan di masa mendatang,” nya.

Sesuai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga tiap tahun kita selalu memperingati Isra Mi'raj bukan hanya sebuah peristiwa sejarah, tetapi juga kisah spiritual yang penuh hikmah. Melalui peringatan ini, kami ingin menanamkan nilai-nilai Islam dan keteladanan akhlak Rasulullah kepada generasi muda atau anak didik.

Kepala sekolah juga percaya, bersama dewan guru yang lain, anak didik Mts, Mambaul Ulum akan terbentuk karakter mereka dengan nilai-nilai luhur Islam, Tonggak utama dari agama yang kita perdalam kepada para siswa agar akhlak para siswa semakin baik. Dan kita berikan kegiatan positif seperti kegiatan pramuka dan lainnya agar para siswa tidak berbuat hal-hal yang negatif," ungkapnya.

Sesuai Visi Mts, Mambaul Ulum; Bernuansa Islami, Unggul dalam prestasi, menjujung tinggi tradisi, Santun dalam bersikap, meraih keilmuan hidup dalam kebahagiaan masa depan, yang di tunjang adanya gedung representatif, lab komputer, perpustakaan, Lab. IPA, Ruang UKS, Lapangan olah raga, kantin sekolah dan mushollah.

Tidak hanya itu, Sarana pendidikan milik Yayasan Mambaul Ulum ini memiliki 3 unit pendidikan; 1.MI NU Mambaul Ulum, 2. MTs NU Mambaul Ulum, 1. SMK Mambaul Ulum jurusan DKV ( Desain Komunikasi Visual). (SYAFII/yus)