Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Grosir Pasar Sayur Gempol Plaza, Ramai Jadi Jujugan Pedagang dan Pembeli Antar Kota.



Pasuruan, Pojok Kiri
Sejak Supplier sayur dari berbagai Kabupaten di Jawa Timur terutama dari Kabupaten Pasuruan menempati Grosir Pasar Sayur Porong, membawa dampak tersendiri untuk kehidupan dan Kemajuan Gempol Plaza.

5 tahun terakhir ini semenjak Tahun 2018 Gempol Plaza resmi Beroperasi, namun satu gedung perdagangan terbesar di Kabupaten Pasuruan itu tak mampu menarik pembeli. Padahal, lokasinya sangat strategis. Pinggir jalan raya nasional. Pertigaan arah Pasuruan, Surabaya, dan Malang. Tepatnya Desa Gempol, Kecamatan Gempol.


Kini Gempol Plaza lebih di kenal menjadi Grosir Sayur Gempol Plaza, pasalnya para Supplier dari berbagai kota yang tidak bisa di tampung di Grosir Porong Menempati area pasar sayur Gempol Plaza. Puluhan Kendaraan pengangkut sayur berjajar menurunkan dagangannya di stan-stan. Seiring waktu pembeli dari berbagai daerah juga berdatangan.

"Lebih enak di sini, area parkirnya luas, tidak ribet, dan aman, "ucap Joko salah satu Supplier.

Gempol Plaza yang di kenal sepi, karena kala bersaing dengan Pasar Porong, bertumbuhnya pasar-pasar tradisional di desa - desa, dan perkembangan teknologi seperti pasar on-line. Tapi kali ini dengan berjalannya waktu dan perubahan kebijakan serta peran serta masyarakat, Gempol Plaza menjadi ramai dan semakin ramai. Hampir lima puluh Supplier pemasok sayur dari luar kota berdatangan dan menempati lapak yang ada di area Gempol Plaza.

Berbagai macam sayuran yang dijual, di Grosir Gempol Plaza, antara lain , labu acorn, artichoke, asparagus, rebung, kemangi, kacang, tauge, paprika, petai, brokoli, kubis Brussel, wortel, kacang mete, kembang kol, seledri, daun Swiss chard, labu siam, kastanye
,buncis, cabai, sawi putih
,kucai, sejenis sawi hijau
sawi, terong, andewi, bawang putih, jahe, kundru atau labu manis, daun ginseng, bayam hijau, selada, kubis, kacang merah, kolrabi, bawang perai, serai, kacang, selada, kacang Lima, Jagung, jamur matsutake, kacang hijau, sawi, okra, bawang merah, jagung, mentimun, kacang, paprika, acar, kentang, labu, lobak, daun bawang, bawang merah, kacang kedelai, bayam, labu, jagung manis, ubi, chard, talas, tomat, kangkung, selada air, kecipir, ketela, Manisa.


Semua Sayur ini, di datangkan oleh petani melalui Supplier dari Batu Malang, Puspo, Nongko Jajar, Tosari, Bromo, Lumajang, Probolinggo. Bahkan ada sayur dari Pulau Dewata Bali (Manisa) yang di ageni Oleh Abah Huma.

Kebanyakan para Supplier yang ada di tempat tersebut juga sebagai pengecer, seperti Abah Huma. Tokoh masyarakat dusun Gempol Joyo tersebut di Grosir Sayur Gempol Plaza dirinya mendatangkan sayur Manisa dari Pulau Dewata Bali.

"Saya kerapkali datangkan Sayur Manisa dari Pulau Dewata, "ucapnya.

Grosir Pasar Sayur Gempol Plaza melakukan proses jual beli mulai jam 12 siang sampai jam 9 malam. Menjual berbagai jenis produk agro dalam satu kawasan.

Keberadaan Grosir Pasar Sayur ini memberikan dampak positif dari segi sosial dan ekonomi bagi para pedagang pasar, dan lingkungan. Dampak positif dari segi ekonomi yang ditimbulkan adalah penyerapan tenaga kerja disektor formal dan informal serta pedagang mengalami peningkatan pendapatan. Pasar yang tadinya sepi kini ramai dengan mobilitas. Dampak terkecil UKM seperti warkop dan kuliner tambah semakin ramai pembeli.

Kurang lebih seratus warga Gempol yang tadinya menganggur, kini mereka bisa bekerja, mulai jadi, Supplier, Pengecer, pedagang, kuli panggul, dan juru Parkir di Grosir Sayur Gempol Plaza, sehingga sangat membawa dampak positif meningkatnya pendapatan
masyarakat, perubahan pendapatan rumah tangga, penyerapan tenaga kerja, mobilisasi
masyarakat, dan kesehatan masyarakat.

"Alhamdulillah, dengan adanya Grosir Pasar Sayur di Gempol Plaza ini, teman-teman yang selama ini lontang Lantung, padahal mereka punya tanggung jawab keluarga. Kini mereka bisa bekerja di sini, minimal tiap hari pulang dari sini bawa uang untuk menafkahi keluarga, bahkan saya sendiri, "Terang Abah Huma.

Hal yang sama juga di sampaikan Muchammad Arif, kepala Pasar Gempol Plaza, "Awal Desember akhir Januari kemarin, Gempol Plaza ini bertambah fungsi sebagai Grosir Pasar Sayur dan Alhamdulillah dengan adanya ini bisa meningkatkan PAD kabupaten Pasuruan, dan terbantu, "ungkapnya.

Mukhammad Arif juga menyampaikan, terkait tenaga kerja, " kita rekrut warga sekitar sini, untuk bisa bekerja, "tambahnya.

Arif berharap dengan semakin berkembangnya Grosir Pasar sayur Gempol Plaza ini, pihak pemkab bisa membangun sarana yang lebih memadai, supaya lebih maju dan meningkat. Karena ini merupakan peluang besar untuk pemkab Pasuruan. 

"Lebih maju dan meningkat, dan ada tempat untuk pedagang sayur, fasilitas sarananya di sempurnakan, "harapnya.

Hampir 4 bulan ini Grosir Pasar Sayur Gempol Pasar beroperasi, kini sudah mampu menembus 
dan merambah pasar antar kota, bahkan bisa tembus pasar-pasar besar seperti Sidoarjo, keputran Surabaya, Pasuruan dan Malang.

"Soal harga agen sayur di sini berani bersaing, "Ucap Abah Huma.(Syafi'i/Yus).