Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab kembali gulirkan program jamban sehat di 2024



Pasuruan, pojok kiri.masih banyaknya desa desa di Kabupaten Pasuruan yang masih menyandang status desa belum ODF ( open defecation free : red ) lantaran sebagian masyarakat masih belum memiliki jamban sehat menjadi perhatian serius dari Pemkab Pasuruan,agar mereka bisa memiliki jamban sehat dan berprilaku hidup sehat Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk program jambanisasi

Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Perkim Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus yang di temui ,dirinya menjelaskan untuk pembangunan jambanisasi tahun depan jumlahnya akan ditingkatkan. Tujuanya adalah agar warga yang tidak memiliki jamban tidak BAB di sungai atau pekarangan “warga Kabupaten Pasuruan yang belum punya jamban sehar masih tinggi,maka tahun depan akan kami pacu, untuk pembangunan jambanisasi," ujarnya.

Untuk jumlah jamban yang akan dibangun tahun depan , jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang sudah di laksanakan pada tahun 2023 ini jamban sebanyak 1.200 unit. Anggaran yang dialokasikan, mencapai Rp 3 miliar.Rencana awal, pada 2024 hanya akan dibangun 600 jamban sehat. Di mana, anggarannya hanya sekitar Rp 1,5 miliar.


Namun, pembahasan penganggaran, disepakati jumlah yang akan dibangun, mencapai kisaran 2 ribu lebih. "Anggaran yang dialokasikan lebih kurang mencapai lebih dari Rp 5 miliar,Semakin banyak jamban yang dibangun maka dampak positifnya bisa mendorong hidup sehat di tengah masyarakat. Karena dari situlah, mereka tidak lagi buang air besar sembarangan.(yus)